Toilet Kuno Ungkap Elit Yerusalem Masa Lalu Menderita Penyakit Menular

By Ricky Jenihansen, Kamis, 6 Januari 2022 | 14:00 WIB
Kursi toilet batu ditemukan selama penggalian sebuah vila kuno di Armon Hanatziv di Yerusalem. (Israel Antiques Authority)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru oleh Tel Aviv University dan Israel Antiquities Authority mengungkapkan bahwa karena kondisi sanitasi yang burung, elit Yerusalem di masa lalu menderita penyakit menular. Kesimpulan tersebut berdasarkan penemuan sisa-sisa telur parasit usus berusia 2.700 tahun di tempat pembuangan kotoran di bawah toilet di taman sebuah perkebunan mewah yang ditemukan di Armon Hanatziv Promenade di Yerusalem.

Menurut para peneliti, parasit usus ini dihasilkan dari kondisi kebersihan dan sanitasi yang buruk. Hal tersebut menyebabkan penyakit dengan gejala termasuk sakit perut dan diare, bahkan mungkin kekurangan gizi dan keterlambatan perkembangan pada anak-anak.

Dudukan toilet batu berada di "kamar kecil" perkebunan. Sisa-sisa telur termasuk dalam empat jenis parasit usus yang berbeda, yaitu cacing gelang, cacing pita, cacing cambuk, dan cacing kremi.

Menurut para peneliti, keberadaan cacing menunjukkan bahwa bahkan penduduk kaya Yerusalem pada waktu itu menderita penyakit dan epidemi. Rincian studi tersebut telah dipublikaskan baru-baru ini di International Journal of Paleopathology dengan judul "Mid-7th century BC human parasite remains from Jerusalem".

Studi ini dipimpin oleh Dr. Dafna Langgut dari Tel Aviv University, direktur Laboratorium Arkeobotani dan Lingkungan Kuno di Institut Arkeologi dan Museum Sejarah Alam Steinhardt. Dr. Langgut mengumpulkan sampel sedimen dari bawah toilet batu, di mana lubang pembuangan berada.

Telur parasit usus ditemukan dari sedimen yang dikumpulkan di bawah kursi toilet batu di Armon Hanatziv. (Tel Avvi University)

Selanjutnya, di laboratoriumnya, dia secara kimiawi mengekstraksi telur parasit, menelitinya di bawah mikroskop cahaya, dan mengidentifikasinya. Sisa-sisa telur ditemukan sebagai bagian dari penggalian penyelamatan oleh Israel Antiquities Authority, baru-baru ini dilakukan di Armon Hanatziv Promenade di Yerusalem.

Dr. Langgut kepada Time of Israel mengatakan, cacing usus adalah parasit yang menyebabkan gejala seperti sakit perut, mual, diare, dan gatal-gatal. "Temuan penelitian ini termasuk yang paling awal diamati di Israel hingga saat ini. Ini adalah telur yang tahan lama, dan di bawah kondisi khusus yang disediakan oleh lubang pembuangan, mereka bertahan selama hampir 2.700 tahun," kata Langgut.

"Beberapa di antaranya sangat berbahaya bagi anak-anak dan dapat menyebabkan kekurangan gizi, keterlambatan perkembangan, kerusakan sistem saraf, dan, dalam kasus ekstrem, bahkan kematian."

Ia percaya, bahwa penyakit usus pada saat itu mungkin disebabkan oleh kondisi sanitasi yang buruk yang menyebabkan kontaminasi tinja pada makanan dan air minum. Atau, mungkin karena kurangnya kesadaran akan kebersihan, seperti tidak mencuci tangan. Sumber infeksi lain yang mungkin adalah penggunaan kotoran manusia untuk menyuburkan tanaman ladang dan konsumsi daging sapi atau babi yang tidak dimasak dengan benar.

Dengan tidak adanya obat-obatan, pemulihan dari cacingan sulit dan mustahil, dan mereka yang terinfeksi dapat menderita parasit selama sisa hidup mereka. Oleh karena itu, sangat mungkin bahwa temuan penelitian menunjukkan penyakit menular yang mengganggu dan bertahan lama, sebanding dengan kutu dan cacing kremi di taman kanak-kanak saat ini, yang mempengaruhi seluruh populasi.