Bagaimana DNA Dapat Terawetkan Ribuan Tahun di Sedimen Arkeologi?

By Ricky Jenihansen, Kamis, 6 Januari 2022 | 13:00 WIB
Pengambilan sampel blok sedimen yang terimpregnasi untuk analisis DNA purba. (MPI f. Evolutionary Anthropology)

Nationalgeographic.co.id—Telah sejak lama, sedimen di mana temuan arkeologis didapatkan dianggap sebagian besar arkeolog hanya sebagai peroduk sampingan yang tidak penting dari penggalian. Namun, dalam beberapa tahun terakhir telah ditunjukan bahwa sedimen dapat mengandung biomolekul purba, termasuk DNA. Lantas bagaimana DNA Dapat terawetkan selama ribuan tahun di sedimen arkeologi?

Seperti diketahui, analisis DNA purba yang terawetkan dalam sedimen adalah teknologi baru yang memungkinkan pendeteksian keberadaan manusia dan hewan lain di situs arkeologi di masa lalu. Namun, sedikit yang diketahui tentang bagaimana DNA terawetkan dalam sedimen untuk jangka waktu yang lama.

Untuk menjelaskan hal tersebut, kini para ilmuwan mengisolasi DNA dari blok padat sedimen yang terimpregnasi yang tertanam dalam resin plastik. Studi tersebut mengungkapkan bahwa DNA manusia dan hewan purba terkonsentrasi di 'titik panas' kecil, terutama pada partikel mikroskopis tulang atau kotoran. Studi tersebut dijelaskan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences baru-baru ini.

Pengambilan sampel mikro dari partikel semacam itu dapat memulihkan sejumlah besar DNA dari manusia purba, seperti Neanderthal, dan spesies lain. Kemudian menghubungkannya dengan catatan arkeologi dan ekologi pada skala mikroskopis.

Baca Juga: Ilmuwan Kembangkan Teknologi Penyimpanan Data Menggunakan DNA

Untuk menyelidiki asal DNA dalam sedimen, peneliti Max Planck Institute bekerja sama dengan kelompok geoarkeolog internasional, arkeolog yang menerapkan teknik geologi untuk merekonstruksi pembentukan sedimen dan situs. Tujuannya untuk mempelajari pengawetan DNA dalam sedimen pada skala mikroskopis.

"Pengambilan DNA manusia dan fauna purba dari sedimen menawarkan peluang baru yang menarik untuk menyelidiki distribusi geografis dan temporal manusia purba dan organisme lain di lokasi di mana sisa-sisa kerangka mereka jarang atau tidak ada," kata Matthias Meyer, penulis senior studi dan peneliti di Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology dalam rilisnya.

Permukaan bagian blok sedimen yang terawetkan dari Gua Denisova. (Mike Morley / Flinders University)

Para peneliti menggunakan blok sedimen yang tidak terganggu yang sebelumnya telah dipindahkan dari situs arkeologi dan direndam dalam resin sintetis seperti plastik (poliester). Blok yang mengeras dibawa ke laboratorium dan diiris menjadi beberapa bagian untuk pencitraan mikroskopis dan analisis genetik.

Para peneliti berhasil mengekstraksi DNA dari kumpulan blok sedimen yang disiapkan selama 40 tahun yang lalu, dari situs-situs di Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Utara. "Fakta bahwa blok-blok ini adalah sumber DNA purba yang sangat baik, termasuk yang berasal dari hominin, meskipun sering disimpan dalam plastik selama beberapa dekade, memberikan akses ke gudang informasi genetik yang belum dimanfaatkan," jelas peneliti.

Studi DNA yang akan meninjau kembali sampel yang disimpan di laboratorium, memungkinkan analisis situs yang telah lama dipelajari kembali. "Hal yang sangat penting mengingat pembatasan perjalanan dan tidak dapat diaksesnya situs di dunia pandemi," kata Mike Morley dari Flinders University di Australia yang memimpin beberapa analisis geoarkeologi.