Potret Kehidupan Penghuni "Bilik Peti Mati", Ironi di Balik Gemerlapnya Kota Hongkong

By , Kamis, 27 Juli 2017 | 17:00 WIB

"Hari itu, saya pulang ke rumah dan menangis," kata Benny Lam saat mengisahkan pengalaman memotret kehidupan suram di Hongkong.

Setelah empat tahun mengunjungi lebih dari 100 rumah susun di distrik tua kota tersebut, Lam terbiasa dengan rumah berlantai kayu seluas 4 meter persegi yang dikenal sebagai "bilik peti mati".

Saat ia memotret bilik yang sedikit lebih besar dari biasanya, Lam berseru pada penyewanya, "Anda punya rumah peti mati yang besar!"

Baca juga: Kerangka 10 Manusia dengan Lengan Saling Bertautan Ditemukan di Pemakaman Pra-Aztec

"Saya merasa sedih," kenang Lam, "Hidup seperti itu seharusnya tidak pernah dianggap normal. Saya sudah mati rasa."

Rumah susun sekat yang letaknya berhimpitan menjadikan privasi dan tidur nyenyak sebagai sebuah kemewahan. (Benny Lam)

Hongkong penuh dengan jajaran pertokoan dengan lampu neon terang yang menjual barang-barang bermerk mewah, perhiasan dan perangkat teknologi untuk menyenangkan konsumen. Cakrawala yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit berisi beragam bisnis membuat Hongkong menjadi salah satu pusat keuangan utama dunia.

Pak Leung adalah satu dari sedikit penghuni rumah kandang yang membaca secara ekstensif. Dia melakukan berbagai pekerjaan serabutan dalam hidupnya. Namun, dia sekarang sudah terlalu tua untuk mendapatkan pekerjaan dan menghabiskan waktu dengan membaca, melarikan diri dari dunia kesengsaraan dan kemiskinan yang mengelilinginya. (Benny Lam)

Namun di balik kehidupan kota yang glamor, sekitar 200.000 orang, termasuk 40.000 anak-anak, tinggal di tempat yang ukurannya berkisar antara 4 hingga 30 meter persegi.

Dengan populasi hampir mencapai 7,5 juta penduduk dan hampir tak ada lagi lahan kosong tersisa, pasar perumahan Hongkong meningkat menjadi yang paling mahal di dunia.

Bilik seluas 15 meter persegi ini menjadi ruang multi fungsi untuk keluarga Leung: kamar tidur mereka, ruang makan, dan dapur. (Benny Lam)

Terdesak oleh harga sewa yang melonjak, puluhan ribu orang tak punya pilihan selain menghuni gubuk liar; rumah susun yang terbagi-bagi dengan dapur dan toilet menyatu; bilik seukuran peti mati; dan rumah kandang yang terbuat dari jalinan kawat.

"Dari memasak hingga tidur, semua aktivitas dilakukan di ruang sempit ini," kata Lam.

Untuk membuat bilik peti mati, rumah susun seluas 120 meter akan disekat secara ilegal oleh pemiliknya guna menampung 20 ranjang susun. Masing-masing ranjang disewakan dengan harga 200 dolar Hongkong (sekitar 25 dolar AS) per bulan. Bilik ini bahkan tidak akan muat jika seseorang berdiri di dalamnya.

"Saya masih hidup, namun saya sudah dikelilingi oleh empat papan peti mati!" kata salah satu penyewa rumah kandang Hongkong. (Benny Lam)

Dalam serial fotonya yang berjudul "Trapped", Lam ingin 'menerangi' tempat tinggal nan mencekik yang tak terjangkau oleh cahaya kesejahteraan Hongkong. Ia berharap, dengan membuat para penyewa dan rumah sempit mereka terlihat, akan lebih banyak orang yang memberi perhatian terhadap ketidakadilan sosial yang mereka alami.

Rumah kandang dengan dapur dan toilet yang menyatu. (Benny Lam)

"Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kita harus peduli, padahal orang-orang ini bukan bagian dari hidup kita," tulis Lam di laman Facebooknya.