Kini, Anda Dapat Memesan Pesawat Layaknya Memanggil Uber

By , Senin, 23 Oktober 2017 | 17:00 WIB

Kepala Eksekutif pesawat terbang Eviation Aircraft, Omer Bar-Yohay, mengeluarkan terobosan baru berupa pemanggilan pesawat terbang murah via smartphone layaknya memanggil Uber. Terobosan pesawat listrik self-piloting yang berbasis di Israel ini dideklarasikan pada Selasa, 17 Oktober 2017 silam dengan sebuah visi tentang “Bertemunya Uber dan Tesla di langit.”

Bar-Yohay memandang adanya masa depan di mana orang-orang akan dengan mudah membawa Uber ke bandara regional, dan menggunakan aplikasi smartphone lain untuk memanggil pesawat listrik Eviation dan mengantar mereka ke tujuan yang jauh dengan biaya murah.

Eviation berada di Paris Air Show awal tahun ini dengan prototipe skala kecil, dan berniat untuk kembali dengan pesawat listrik skala penuh yang mampu mengangkut penumpang pada tahun 2019.

Pendanaan Terbang

Dalam pendanaannya, para pendiri pesawat listrik Aviation menghadiri konferensi teknologi Wall Street Journal untuk mengumpulkan dana dengan target sekitar 20 juta dolar. Menurut Bar-Yohay, hingga kini, bisnis teknologi yang baru berjalan dua tahun tersebut telah mengeluarkan biaya sekitar 10 juta dolar, termasuk bantuan dari pemerintah Israel.

Pendanaan selanjutnya akan digunakan untuk modal bahan bakar pesawat listrik. Pesawat ini dirancang untuk menampung hingga sembilan penumpang dan dua awak kapal.

Baca juga: Alasan Ponsel Tidak Boleh Digunakan di Pesawat dan Pom Bensin

Alih-alih menghabiskan berjam-jam di dalam mobil yang menempuh perjalanan ratusan mil, pesawat listrik ini dapat dipanggil sesuai permintaan ke bandara regional. Tentunya, pesawat tersebut mampu mengantarkan penumpang dalam ratusan mil yang singkat dan dengan biaya murah.

Eviation menggunakan bandara regional kecil yang biasanya kurang dimanfaatkan, sehingga dapat memenuhi permintaan terbang dengan baik.

"Perlu biaya seperti tiket bus," kata Bar-Yohay tentang layanan semacam itu. "Jika Anda membangun pesawat listrik, seperti Tesla, biaya operasinya menjadi sangat rendah”, tambahnya.

‘Tidak Pernah Putus’

Bar-Yohay mengatakan, komponen listrik untuk pesawat terbang adalah sebagian kecil dari bagian biaya yang sebanding untuk mesin di pesawat terbang tradisional, serta lebih dapat diandalkan. "Anda perlu membangun mesin yang tidak akan pernah putus; komponen listrik secara alami seperti ini," kata Bar-Yohay.

Baterai pesawat evolusioner tersebar di lebih dari selusin tempat. Jadi, "tidak masalah apa yang menghantam Anda, beberapa bagian pesawat akan memiliki kekuatan untuk membuat Anda terus berjalan," tutur Bar-Yohay.