5 Fasilitas Keren yang Bisa Anda Nikmati Gratis di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

By , Kamis, 26 Oktober 2017 | 11:00 WIB

Bandara merupakan salah satu tempat yang cukup vital bagi para pejalan. Pelayanan dan fasilitas bandara berpengaruh pada kenyamanan dan kepuasan calon penumpang.

Tak heran jika saat ini, bandara-bandara saling berlomba untuk berbenah dan meningkatkan pelayanannya demi memberikan penumpang.

Salah satunya, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Sang arsitek, Benyamin Aris Nugroho, mendesain bangunan bandara bergaya modern dan futuristik tanpa kehilangan sentuhan khas budaya setempat. 

Rumah adat dayak menghiasi ruang tunggu Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Di langit-langitnya, tiruan satwa ikonik Pulau Kalimantan bergelantungan di antara dedauan yang menjuntai. (Lutfi Fauziah/National Geographic Indonesia)

Bandara SAMS Seinggan juga telah dilengkapi dengan teknologi Baggage Handling System (BHS), jenis sistem conveyor yang mengangkut bagasi dari loket tiket hingga lokasi pengumpulan sebelum dimuat ke pesawat terbang.

Meskipun fungsi utama BHS adalah pengangkutan bagasi, BHS juga memiliki fitur Automatic Tag Reader (ATR), atau pembaca tag yang disediakan oleh maskapai secara otomatis. Fitur inilah yang memastikan bagasi dikirim ke lokasi yang benar di bandara sesuai dengan rute dan maskapai. 

"Dengan adanya BHS, proses sortir dan pengangkutan bagasi dari check in counter bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif," ujar Kus Hendratno, Kepala Departemen Operasional Bandara SAMS Sepinggan. 

Ia juga menjelaskan bahwa sistem ini memiliki empat tingkatan keamanan, sehingga dapat menekan kemungkinan barang-barang yang dilarang dalam penerbangan lolos dan masuk ke dalam pesawat. 

Bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I ini juga menyediakan beragam fasilitas keren yang bisa dinikmati oleh para calon penumpang secara cuma-cuma.

Apa saja fasilitas tersebut? Simak selengkapnya berikut ini.

Difabel and Special Need Service

Difable and Special Need Service di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. (Lutfi Fauziah/National Geographic Indonesia)

Bandara SAMS sepinggan dilengkapi dengan layanan bantuan untuk penumpang penyandang difabel, lansia, ibu hamil dan anak-anak di bawah usia 12 tahun yang tidak didampingi orang tua.

Para petugas akan menawarkan bantuan dari mulai check in hingga pengantaran penumpang sampai pintu keberangkatan.