Melawan Stres Hingga Mencegah Kanker, Ini 5 Manfaat Sehat Kenari

By , Kamis, 2 November 2017 | 10:00 WIB

Kenari dianggap sebagai salah satu yang terbaik di antara jenis kacang-kacangan. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari kenari jika dikonsumsi dengan cara yang benar.

Studi terbaru yang dilakukan di India menemukan bahwa menambahkan kenari dalam menu diet dapat membantu mencegah beberapa penyakit seperti kelainan kardiovaskular, kanker, dan diabetes. Hasil studi tersebut kemudian dikemukakan dalam Scientific and Health Research Meeting. Sejumlah peneliti dan profesional medis dari bidang nutrisi, kardiovaskular, kognisi, alzheimer dan diabetes turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Gula Dapat Memperburuk Kanker. Benarkah?

"Kenari dalam menu diet dapat meningkatkan fungsi kognitif pada individu normal dan menurunkan risiko atau menunda timbulnya atau perkembangan gangguan kognitif ringan (MCI) dan demensia pada penyakit Alzheimer," ujar Abha Chauhan, peneliti dari New York State Institute or Basic Research in Developmental Disabilities (IBR) di Amerika Serikat. 

Selain itu, kenari juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lain, di antaranya:

1. Baik untuk kesehatan otak

Kenari mengandung asam lemak tak jenuh omega-3 dalam kadar tinggi. Asam lemak ini baik untuk menjaga kesehatan otak sekaligus melawan stres dan depresi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengudap kacang kenari sebelum tidur.

2. Mengatur tidur

Kenari merupakan salah satu kacang yang dapat membantu mengatur tidur. Kacang jenis ini mengandung melatonin, hormon yang dapat membantu memudahkan kita untuk terlelap. Makanlah 2-3 butir kenari sebelum tidur atau saat makan malam untuk membantu kita tidur lebih cepat. 

3. Baik untuk kesehatan jantung

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kenari setiap hari dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan terkait jantung. 

"Semua kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, selain itu, kenari juga kaya akan asam lemak omega-3, sehingga baik untuk kesehatan jantung," kata Dr. Rekha Sharma, mantan Kepala Ahli Diet di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi.

Baca juga: Kacang Kenari, Makanan yang Baik untuk Menurunkan Kalori dan Berat Badan