Jenis Makanan yang Dapat Tingkatkan Kekuatan dan Memori Otak

By , Senin, 6 November 2017 | 12:00 WIB

Otak merupakan salah satu organ tubuh paling vital. Penurunan fungsi otak akan berpengaruh pada kesehatan keseluruhan tubuh kita. Namun tak bisa dipungkiri, seiring bertambahnya usia, kemampuan otak pun semakin menurun. 

Kita memang tak bisa menghentikan penuaan otak, akan tetapi, masih ada hal yang bisa kita lakukan untuk menghambatnya. Salah satunya dengan cara memperhatikan kebiasaan makan dan makanan yang kita konsumsi. 

Mungkin Anda mempertanyakan, apakah makanan yang kita makan memang berpengaruh pada kinerja otak? Nyatanya, beberapa studi menunjukkan bahwa apa yang kita makan, bisa mempengaruhi otak kita. Ini membuktikan bahwa apa yang kerap disebut sebagai "makanan otak" alias brain foods sangat penting. 

Baca juga: Daftar Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah

Brain foods kaya akan antioksidan, lemak baik, vitamin, dan mineral yang dapat membantu kita melawan penyakit-penyakit otak dan stres. 

Beberapa jenis makanan lebih baik untuk otak Anda ketimbang jenis lainnya. Berikut ini daftar makanan-makanan terbaik untuk meningkatkan kekuatan dan memori otak Anda.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat mencegah berkembangnya sel kanker dan juga mematikan sel-sel yang tidak normal. (Thinkstock)

Minyak zaitun kaya akan polifenol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi kita dari penyakit-penyakit degenerasi otak. 

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa (Thinkstock)

Minyak kelapa dapat meningkatkan kemampuan neuron otak untuk menggunakan energi dan juga untuk mengurangi produksi radikal bebas yang merusak. Minyak ini juga menyediakan lemak jenuh yang membantu integritas dan fungsi selaput otak. Namun sebaiknya, Anda mengonsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Baca juga: Kembalikan Suasana Hati dengan Makanan "Brainbow"

3. Alpukat

Alpukat (Thinkstock)

Alpukat mengandung vitamin K dan folat yang membantu mencegah penggumpalan darah di otak dan juga melindungi terhadap stroke. Buah ini juga memperbaiki fungsi kognitif.