Enam ‘Superfood’ yang Akan Menjadi Tren di 2018

By , Selasa, 2 Januari 2018 | 18:00 WIB

Pertama-tama, almond menjadi kesukaan banyak orang. Lalu, mereka mengalihkan perhatian ke matcha. Selanjutnya, semangkuk smoothies dengan biji chia menggugah selera dan menjadi acuan menu sehat.

Di 2018, jenis ‘makanan super’ yang diminati orang pun berganti lagi. Berikut enam superfood yang akan menjadi favorit tahun ini:

Biji rami

Biji rami bisa menjadi pelengkap protein karena ia mengandung semua asam amino dan lemak esensial.

Digunakan sebagai gizi tambahan untuk berbagai makanan seperti muffin, smoothies, dan yoghurt, biji rami kaya akan nutrisi.

(Baca juga: Pohon Baobab, Superfood di Masa Depan?)

Meskipun ia dan marijuana datang dari jenis tanaman yang sama, namun rami tidak mengandung jejak THC, yang diketahui sebagai komponen halusinogen pada tanaman ganja.

Makanan vegetarian

Menu vegetarian akan menjadi superfood favorit di 2018. Akan muncul produk-produk pengganti makanan berbahan dasar susu. Selain itu, banyak orang mulai beralih ke tahu, tempe, dan gandum seperti quinoa untuk mendapatkan rasa dan tekstur seperti daging.

Jamur

Berbagai jenis jamur telah digunakan orang Jepang dan Tiongkok selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Jamur shiitake, reishi dan maitake adalah yang paling terkenal dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, ada juga bubuk jamur dan minuman tambahan yang dipromosikan untuk membantu menyembuhkan dan meningkatkan imun. Bukan tidak mungkin jika nanti ada tambahan bubuk jamur di kopi Anda.

Supleme alga (ganggang laut)