Laba-laba Kanibal yang Baru Ditemukan Ini Mirip Seperti Burung Pelikan

By , Jumat, 12 Januari 2018 | 17:00 WIB

Spesies ini diduga telah punah. Namun, baru-baru ini, para peneliti mengumumkan penemuan laba-laba pelikan yang hidup di Madagaskar.

Ya, tidak hanya burung, pelikan juga menjadi nama laba-laba ini. Alasannya, karena bentuk kepala dan mulut raksasanya amat mirip dengan pelikan.

Ditemukan pertama kali pada 1854 dalam sebuah ambar, para naturalis mengira, spesimen tersebut merupakan peninggalan zaman dahulu. Namun, pada 1881, laba-laba pelikan yang masih hidup ditemukan di Madagaskar.

Hewan kanibal

Laba-laba pelikan ini terkenal karena bentuk dan bagian tubuhnya yang aneh. Pada dasarnya, mereka adalah makhluk kecil dengan panjang sekitar 2 hingga 8 milimeter. Ia memiliki kepala memanjang dan leher, serta rahang yang menonjol.

(Baca juga: Perkenalkan, Myzomela irianawidodoae, Spesies Burung Baru Temuan LIPI)

Laba-laba pelikan juga terkenal sebagai hewan kanibal. Dilihat dari apa dan bagaimana ia memburu makanannya. Alih-alih memintal jaring untuk menangkap mangsa, laba-laba pelikan akan berkeliaran di malam hari. Ia akan mengawasi jaring yang sudah dipintal laba-laba lainnya.  

Ketika sudah menemukan targetnya, laba-laba pelikan akan memetik seutas jaring, member kesan seolah-olah ada serangga yang tertangkap di sana. Saat laba-laba pemilik jaring mendekatinya untuk mengecek keadaan, hewan kanibal ini langsung menyerang dan menusuknya dengan rahang panjang yang ia miliki.  

Susah ditemukan

Habitat laba-laba pelikan adalah hutan-hutan terpencil di Australia, Afrika Selatan dan Madagaskar. Bentuknya yang kecil membuat laba-laba pelikan susah ditemukan.

Namun, saat ini, Hannah Wood, kurator dari Smithsonian National Museum of Natural History, dan Nikolaj Scharff, ahli ilmu serangga di University of Copenhagen, sedang berusaha melacaknya.

Mereka bekerja sama untuk menguji dan menganalisis ratusan laba-laba pelikan Madagaskar, baik yang di lapangan maupun koleksi museum, lalu membaginya ke dalam beberapa spesies dan mendeksripsikannya secara ilmiah.

(Baca juga: Cordillera Azul Antbird, Spesies Burung Terbaru Ditemukan di Peru)