Empat Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Anda Cepat Tua

By , Sabtu, 13 Januari 2018 | 11:00 WIB

Proses penuaan memang sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari. Namun, manusia masih bisa berupaya memperlambat jalannya proses ini.

Anda pasti berpikir, istirahat yang cukup, mengoleskan SPF untuk mencegah radiasi sinar UV, dan memakai krim malam sebelum tidur sudah cukup menghambat datangnya dampak penuaan.

Ternyata, keyakinan itu tak sepenuhnya benar. Ada beberapa kebiasaan di malam hari yang masih sering kita lakukan, dan nyatanya mempercepat datangnya efek penuaan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Jantung

Purvisha Patel, ahli dermatologi dan pendiri Visha Skincare, memmbocorkan beberapa kebiasaan malam hari yang justru mempercepat datangnya penuaan.

Inilah kebiasaan buruk tersebut.

1. Tidur tengkurap

Tidur tengkurap memang sangat nyaman. Tapi menurut Patel, kebiasaan ini akan membuat mata menjadi sembab karena adanya gravitasi yang menarik cairan dalam wajah mengalir ke bawah dan menumpuk di bagian mata.

Seiring berjalannya waktu, ini bisa membuat kulit wajah menjadi kendur dan kehilangan kolagen.

Patel menyarankan agar kita tidur dengan posisi terlentang untuk mengurangi efek gravitasi ini.

Baca juga: Sering Gigiti Kuku Pertanda Orang yang Perfeksionis

2. Malas mencuci wajah

Terutama bagi wanita, jangan sampai lupa menghapus riasan wajah sebelum tidur. Mencuci muka sebelum tidur sangat penting untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan makeup yang menempel di wajah.