Harta Karun Baru: Gugus Bola yang Menyimpan Petunjuk Evolusi Galaksi

By Wawan Setiawan, Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:00 WIB
Centaurus A adalah galaksi elips yang terletak sekitar 13 juta tahun cahaya dari Bumi. Gambar komposit warna ini mengungkapkan lobus dan pancaran yang berasal dari lubang hitam pusat galaksi aktif. (ESO/WFI/MPIfR/APEX/A.Weiss dkk.;NASA/CXC/CfA/R.Kraft dkk.)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah survei yang diselesaikan menggunakan kombinasi teleskop berbasis darat dan luar angkasa telah menemukan harta karun berupa gugus bola yang sebelumnya tidak diketahui. Ini merupakan kelompok tua dan padat dari ribuan bintang yang semuanya terbentuk pada waktu yang sama. Terletak di wilayah terluar galaksi elips Centaurus A, karya ini menyajikan kemajuan yang signifikan dalam memahami arsitektur dan sejarah kosmologis galaksi, serta menawarkan wawasan baru tentang pembentukan galaksi secara umum dan distribusi materi gelap di alam semesta.

Allison Hughes, seorang mahasiswa doktoral di University of Arizona Department of Astronomy and Steward Observatory, adalah penulis pertama dari makalah peer-review yang merangkum temuan ini. Hasilnya bahkan telah diterbitkan dalam Astrophysical Journal pada 9 Juni 2021 dengan menyertakan judul "NGC 5128 Globular Cluster Candidates Out to 150 kpc: A Comprehensive Catalog from Gaia and Ground-based Data*". Dia akan mempresentasikan penelitiannya ini selama konferensi pers virtual pada Pertemuan ke-239 Masyarakat Astronomi Amerika.

Centaurus A, juga dikenal sebagai NGC 5128, adalah galaksi elips yang menakjubkan secara visual yang menampilkan pancaran relativistik dari lubang hitam supermasif di pusatnya dan aliran spektakuler bintang-bintang yang tersebar ditinggalkan oleh tabrakan dan penggabungan masa lalu dengan galaksi-galaksi kecil yang mengorbit Centaurus A.

Terletak di konstelasi Centaurus, 13 juta tahun cahaya dari Bumi, Centaurus A terlalu jauh untuk memungkinkan para astronom dapat melihat bintang individu, tetapi gugus bintang ini dapat diidentifikasi seperti itu dan digunakan sebagai "bukti fosil" evolusi kacau galaksi.

Baca Juga: Astronom Menemukan 70 Planet 'Pengembara' Misterius di Konstelasi 13

Hughes bersama rekan-rekannya mempresentasikan katalog baru sekitar 40.000 kandidat gugus bola di Centaurus A, merekomendasikan pengamatan tindak lanjut yang difokuskan pada satu set 1.900 yang kemungkinan besar merupakan gugus bola yang sebenarnya.

Para peneliti mensurvei kandidat gugus bola hingga radius yang diproyeksikan sekitar 150 kiloparsec, hampir setengah juta tahun cahaya dari pusat galaksi. Data ini menggabungkan pengamatan dari berbagai sumber pengamatan langit.

Centaurus A telah menjadi target utama untuk studi kluster globular ekstragalaksi karena kekayaan dan kedekatannya dengan Bumi, tetapi sebagian besar studi ini berfokus pada 40 kiloparsec bagian dalam (sekitar 130.500 tahun cahaya) galaksi, jelas Hughes, meninggalkan bagian luar galaksi. Jangkauan galaksi sebagian besar belum dijelajahi.

"Kami menggunakan satelit Gaia, yang sebagian besar berfokus pada survei di galaksi kita sendiri, Bimasakti, dengan cara baru yang menghubungkan pengamatannya dengan teleskop di darat, dalam hal ini teleskop Magellan Clay di Cili dan Teleskop Anglo-Australia di Australia," jelas Hughes.

Gugus bola unik mungkin menyimpan jawaban atas evolusi galaksi. (iStock/mik38)

“Struktur Centaurus A memberi tahu para astronom bahwa ia mengalami beberapa penggabungan besar dengan galaksi lain, yang mengarah ke penampilan seperti bola dengan daerah seperti sungai yang memiliki lebih banyak bintang daripada daerah sekitarnya,” kata Hughes. “Memberikan contoh terdekat dari galaksi elips, Centaurus A menawarkan para astronom kesempatan untuk mempelajari dari dekat galaksi yang sangat berbeda dengan galaksi kita. Bimasakti, serta tetangga terdekatnya, Galaksi Andromeda, keduanya adalah galaksi spiral. Dengan penampilannya yang akrab dan mirip kincir, galaksi spiral mungkin tampak seperti galaksi "khas", tetapi ternyata sepupu elips mereka yang kurang teratur jumlahnya melebihi jumlah mereka di kosmos,” ungkapnya.

"Centaurus A mungkin terlihat seperti outlier yang aneh, tapi itu hanya karena kita bisa cukup dekat untuk melihat detail seluk beluknya. Lebih mungkin daripada tidak, baik galaksi elips dan spiral seperti Bimasakti lebih berantakan daripada yang kita sadari segera setelah kita melihat sedikit lebih dalam daripada hanya di permukaannya saja," ujar Hughes.