Minum Jus Buah Setiap Hari Belum Tentu Sehat

By , Kamis, 18 Januari 2018 | 20:00 WIB

Bagi sebagian masyarakat, jus buah merupakan satu minuman favorit. Hal ini disebabkan karena rasanya yang menyegarkan dan dianggap sehat bagi kebanyakan orang. Namun, tidak banyak orang yang sadar bahwa jus buah memiliki kadar gula yang tinggi. Bahkan ada beberapa jus yang mungkin memiliki kandungan gula dan kalori yang mendekati minuman bersoda pada umumnya. Kadar vitamin dan antioksidan pada jus tidak dapat menutupi tingginya kadar gula pada minuman tersebut.

Hati-hati dengan jus buah yang kadar gulanya tinggi

Saat Anda makan buah yang tidak dijus, maka butuh usaha untuk mengunyah dan menelan buah tersebut. Kadar gula yang ada pada buah juga berikatan dengan struktur serat yang akan pecah ketika dicerna secara perlahan pada saluran pencernaan. Karena berbagai alasan tersebut, kadar gula yang terdapat pada buah akan diserap ke organ hati dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dan bisa dicerna oleh hati dengan baik.

Baca juga: 3 Manfaat Ini Akan Bikin Anda Ingin Lebih Sering Makan Tomat

Namun, bila Anda mengonsumsi jus buah, Anda mungkin mengonsumsi beberapa buah sekaligus dalam segelas jus buah. Hal ini menyebabkan gula yang diserap akan berlebihan dan diolah oleh hati dalam jumlah yang besar.

Gula yang terdapat pada buah-buahan adalah fruktosa. Hati adalah satu-satunya organ yang dapat mengolah fruktosa dalam jumlah besar. Saat hati mengolah fruktosa dalam jumlah berlebihan, sebagian dapat diubah menjadi lemak.

Di samping kadar fruktosa dalam buah, saat membuat jus, Anda mungkin menambahkan pemanis seperti gula pasir atau susu kental manis. Nah, hal inilah yang diam-diam membuat jus buah Anda jadi kurang sehat.

Walaupun jus buah dalam jumlah yang sedikit dapat terbilang aman bagi orang sehat dan aktif, bila dikonsumsi berlebihan hal ini dapat berdampak buruk bagi orang yang obesitas atau memiliki penyakit metabolik lainnya seperti diabetes (kencing manis), karena kadar gula pada jus buah yang tinggi dapat memperberat penyakitnya.

Baca juga: Pro Kontra MSG: Benarkah Buruk untuk Kesehatan?

Efek jus buah terhadap berat badan

Berbagai macam makanan dan minuman yang Anda konsumsi bisa memberikan berbagai macam efek terhadap rasa lapar. Saat Anda mengonsumsi makanan padat, maka otak akan bereaksi dengan menimbulkan rasa kenyang.

Namun, menurut penelitian, saat Anda minum minuman yang cair seperti jus buah, hal ini tidak memengaruhi rasa kenyang. Akibatnya, meskipun jus buah Anda sudah tinggi kalori, Anda tidak akan merasa kenyang seperti makan makanan padat. Hal ini bisa membuat Anda akhirnya minum lebih banyak atau ngemil makanan lain. Tentu akibatnya adalah Anda akan menerima asupan kalori yang lebih banyak.

Baca juga: Kenapa Perokok Sering Merasa Mulut Asam dan Pahit Kalau Tidak Merokok?