Banyak Makan Tapi Tetap Kurus? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

By , Jumat, 9 Februari 2018 | 14:00 WIB

Anda kadang mungkin bingung, atau bahkan iri, melihat seseorang yang hobi banyak makan tapi berat badannya tidak bertambah. Pada kebanyakan orang, hal ini bisa menunjukkan bahwa mereka memiliki metabolisme yang cepat. Namun pada yang lainnya, berat badan yang tidak kunjung bertambah atau justru semakin berkurang meski sudah makan banyak bisa menandakan sesuatu yang salah pada tubuhnya. Apa saja penyebab seseorang sudah banyak makan tapi tetap kurus?

Tidak semua penyebab badan kurus meski sudah banyak makan berasal dari penyakit. Berikut adalah sejumlah hal yang bisa menyebabkannya.

1. Pola makan yang tidak tepat

Pola makan yang tidak tepat seringnya dikaitkan dengan masalah kenaikan berat badan. Padahal, efeknya juga bisa pada angka timbangan yang stagnan atau bahkan perlahan berkurang.

Baca juga: Lima Makanan Penyebab Bau Badan

Salah satu faktor penyebabnya adalah makanan yang Anda makan tidak memiliki cukup kalori untuk menambah berat badan, atau tidak mendapatkan asupan makanan yang tepat, seperti lemak atau karbohidrat. Pola makan yang tidak teratur pun ikut berperan dalam hal ini.

Jika Anda ingin berat badan Anda bertambah, konsumsi makanan yang sehat, teraturm dan porsi yang tepat. Konsumsilah makanan yang tinggi protein dan karbohidrat, serta lemak yang cukup.

2. Olahraga terlalu berlebihan

Jika Anda sudah makan banyak tapi tetap kurus, ini mungkin karena rutinitas olahraga Anda yang terlalu keras.

Ketika Anda terus mendapatkan asupan makanan, tapi membalasnya dengan terus-terusan melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, tubuh Anda tidak akan memiliki cadangan kalori yang cukup untuk dijadikan energi.

Jika Anda menghabiskan energi yang lebih banyak ketimbang energi yang Anda dapat dari makanan, maka Anda akan sulit untuk meningkatkan berat badan.

Sebaiknya Anda catat apa saja yang sudah Anda konsumsi dalam sehari. Hal ini akan membantu Anda untuk menyeimbangkan energi yang masuk dengan energi yang Anda keluarkan.

Baca juga: Apa Kata Ilmuwan Tentang Aturan 'Belum Lima Detik'