Hati-Hati, Kecanduan Main Gim Bisa Jadi Tanda Gangguan Jiwa

By , Jumat, 2 Maret 2018 | 14:00 WIB

Beberapa orang memilih untuk tidur siang, membaca buku, atau menonton film komedi untuk mengisi waktu luang sekaligus mengusir stres. Segelintir lainnya lebih memilih untuk main gim—entah gim konsol, gim komputer, ataupun gim daring di telepon pintar. Main gim memang tidak seburuk yang selama ini dianggap banyak orang. Namun hati-hati apabila sudah terlanjur jadi kecanduan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) kini menggolongkan kecanduan main gim sebagai gangguan mental. 

Kecanduan main gim adalah gangguan mental baru menurut WHO

Badan Kesehatan Dunia (WHO) berencana menerbitkan buku panduan International Classification of Diseases (ICD-11) pada tahun 2018 ini dengan memasukkan kecanduan main gim sebagai salah satu kategori gangguan jiwa baru, disebut sebagai gaming disorder (GD).

Gaming disorder diusulkan untuk dimasukkan di bawah kategori besar “Gangguan mental, perilaku, dan perkembangan saraf”, khususnya di bawah subkategori “Gangguan penyalahgunaan zat atau perilaku adiktif.” Ini berarti pakar kesehatan di seluruh dunia menyetujui bahwa kecanduan main gim dapat memiliki dampak yang menyerupai kecanduan alkohol atau obat-obatan terlarang.

Baca juga: Main Tetris Bisa Cegah Trauma Akibat Kecelakaan

Usulan ini dibuat karena melihat adanya bukti peningkatan pesat dalam kasus kecanduan gim dari berbagai belahan dunia, yang juga disertai dengan permintaan rujukan terapi pengobatan di dokter.

Apa yang dimaksud dengan kecanduan main gim (gaming disorder)?

Kecanduan main gim ditandai dengan ketidakmampuan diri untuk mengendalikan hasrat bermain, sehingga susah dan/atau tidak mampu untuk menghentikan perilaku tersebut — terlepas dari segala upaya yang dilakukan untuk menghentikannya.

Tanda dan gejala klasik dari kecanduan gim adalah:

Hilangnya kendali diri ini membuat pecandu gim cenderung menomorsatukan gaming dalam hidupnya sehingga akan melakukan berbagai cara untuk dapat menuntaskan hasrat akan candunya, tak peduli atas konsekuensi dan risikonya.

Apa yang menyebabkan seseorang kecanduan gim?

Setiap benda atau hal-hal yang membuat Anda merasa senang akan merangsang otak menghasilkan dopamin, hormon pembuat bahagia. Dalam keadaan normal, hal ini tidak akan menyebabkan kecanduan. Hanyalah rasa bahagia dan puas pada umumnya.

Baca juga: Orang dengan Depresi Menggunakan Bahasa Berbeda, Ketahui Cara Mengenalinya