Gangguan Konversi, Saat Emosi Mengacaukan Fungsi Saraf

By , Kamis, 8 Maret 2018 | 20:00 WIB

Pernahkah Anda mendengar soal gangguan konversi? Gangguan konversi adalah penyakit yang memengaruhi fungsi sistem saraf, tapi tidak terkait dengan penyakit saraf atau penyakit lainnya.

Gejalanya dapat muncul dalam beberapa episode yang sifatnya sementara atau bisa juga bertahan lama. Simak ulasannya berikut ini untuk mengenal gangguan konversi.

Gangguan konversi adalah penyakit yang menyerang sistem saraf

Gangguan konversi adalah kondisi kejiwaan di mana seseorang merasakan gejala fisik berupa kehilangan kendali terhadap fungsi sistem saraf dan gejala tersebut tidak terkait dengan penyakit lainnya.

Kondisi ini disebut juga dengan gangguan neurologis fungsional, yang mengacu pada fungsi sistem saraf pusat yang tidak normal. Kelainan ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

(Baca juga: Senang Main Gadget dan Sering Kesemutan? Waspada Neuropati!)

Dilansir dari Medical News Today, penyebab terjadinya penyakit ini tidak diketahui secara pasti. Namun, periset percaya bahwa kondisi ini muncul sebagai respons fisik terhadap trauma mental, fisik, atau psikologis. Pemicu munculnya gejala meliputi:

Orang yang memiliki penyakit ini biasanya akan mengalami gejala fisik sebagai usaha untuk mengatasi konflik yang dirasakan atau dipikirkan. Misalnya, seorang wanita yang benci kekerasan dan berpikir bahwa dirinya tidak akan melakukan kekerasan, tiba-tiba merasa mati rasa di bagian tangannya ketika ia sangat marah dan ingin memukul orang lain. Alih-alih membiarkan dirinya memukul seseorang, ia akan merasakan gejala fisik, yaitu mati rasa pada tangannya.

Apa saja gejala gangguan konversi?

Berikut gejala-gejala gangguan konversi yang memengaruhi pergerakan dan fungsi tubuh, seperti:

Beberapa gejala yang memengaruhi indra meliputi:

Setiap pasien mengalami gejala yang bervariasi sifatnya bisa ringan atau parah. Terjadinya bisa sementara, bisa juga dalam waktu yang lama. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk berfungsi secara normal akan terganggu. Tingkat keparahan atau kecacatan yang disebabkan oleh gangguan konversi bisa serupa dengan yang dialami oleh orang-orang dengan penyakit medis lainnya yang serupa.

Orang-orang yang berisiko dengan gangguan konversi adalah orang dengan kondisi, seperti:

Bila mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan, segera pergi ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya gejala dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Bagaimana gangguan konversi didiagnosis?

Tidak ada tes tandar yang dilakukan untuk kondisi ini. Namun, menurut Medline Plus, pasien dengan kondisi ini akan didiagnosis menggunakan kriteria yang ditetapkan oleh Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ) yang meliputi: