Pesan dalam Botol Tertua di Dunia Ditemukan di Pantai Barat Australia

By , Kamis, 8 Maret 2018 | 15:30 WIB

Pada tanggal 21 Januari, keluarga Illman dan beberapa temannya mengemudi melalui pantai utara Wedge Island di lepas pantai Australia barat, sekitar 100 mil sebelah utara Perth. Saat mobil dihentikan oleh area berpasir, Tonya Illman dan temannya, Grace Ricciardo, memutuskan untuk jalan-jalan.

Saat berjalan kembali ke kendaraan mereka, mereka berhenti untuk mengambil beberapa sampah. Illman meraih sebuah botol berwarna cokelat dengan tulisan huruf besar, berpikir bahwa benda itu akan menjadi tambahan koleksi yang bagus untuk rak bukunya.

Sesampainya di mobil, Illman menyerahkan botol tua itu kepada pacar anak laki-lakinya, Bree Del Borrello, sehingga dia bisa membantu suaminya mengeluarkan mobil dari kubangan pasir. Sambil mengintip ke dalam botol, Del Borrello mencoba melihat apa yang tampak seperti rokok di dalamnya.

Artikel terkait: Harta Karun Kapal Perang Terkutuk Terungkap

Mereka melepaskan benda rapuh dari botol dan melihatnya digulung erat, dibungkus dengan seuntai benang. Baru setelah mereka kembali ke rumah di Lanceline, mereka bisa mengeluarkan kertas lembab tersebut dan memasukannya di oven untuk mengeringkannya. Mereka pun membaca dan mengetahui bahwa selembar kertas berukuran 8x6 inci itu adalah pesan tertua di dunia dalam botol yang pernah ada.

"Ini merupakan kebetulan mutlak," suami Illman, Kym, mengatakan kepada The Guardian. "Tidak ada yang lebih baik daripada ini,” tambahnya.

Eksperimen Kapal

Awalnya, keluarga Illman merasa skeptis. Namun, dua hari setelah kejadian itu, mereka menuju ke Western Australian Museum, di mana mereka bertemu dengan Ross Anderson, asisten kurator arkeologi maritim.

Anderson merujuk pada teks gelap dengan selotip kertas yang sudah tua dan sampel tulisan tangan dari entri kapten, menunjukkan bahwa pesan tersebut ditulis pada 12 Juni 1886. Itu berarti, pesan tersebut sudah berumur 131 tahun lebih 223 hari ketika ditemukan.

Dia menambahkan, botol itu telah dilemparkan ke laut dari kapal layar Jerman Paula saat melintasi Samudera Hindia dalam perjalanan dari Cardiff, Wales, ke Indonesia. Temuan ini dikonfirmasi oleh para ahli di German Naval Observatory.

Selama masa ini, kru Jerman sedang melakukan percobaan selama 69 tahun yang mengharuskan mereka untuk melemparkan ribuan botol ke laut untuk menyelidiki arus laut global. Setiap pesan berisi koordinat tempat kapal itu saat botol itu disebar, bersamaan dengan tanggal dan nama kapal. Semua rincian ini ada di pesan dalam botol yang ditemukan oleh Illman.

Baca juga: Horor, Ribuan Makhluk Laut Mati Terdampar di Pantai Inggris