Mineral Langka Ini Ditemukan Pada Berlian yang Berada Jauh di Bawah Permukaan Bumi

By , Minggu, 11 Maret 2018 | 14:00 WIB

Temuan Ini disebut dengan peroksida kalsium silikat, dan tanpa selubung keras seperti berlian, ilmuwan tidak pernah bisa membuatnya stabil di permukaan bumi.

"Kami benar-benar tidak tahu kami akan menemukannya," kata Graham Pearson, seorang profesor di University of Alberta dan seorang penulis di sebuah makalah alam baru yang merinci penemuannya.

"Kebanyakan ilmuwan akan mengatakan bahwa Anda tidak akan pernah menemukannya di permukaan bumi," tambahnya. Hal ini terjadi karena ketika mineral naik ke permukaan, sedikit tekanan diberikan padanya dan ikatan karbonnya ditata ulang. Para ilmuwan memperkirakan mineral tersebut adalah mineral yang paling banyak keempat di Bumi, namun mereka tidak pernah dapat mengamati substansi ini di permukaan.

Baca juga: Kehidupan Berumur 50.000 Tahun Ditemukan di Gua Kristal

Versi lain dari peroksida kalsium silikat telah ditemukan pada apa yang disebut "bentuk tekanan medium" pada berlian lainnya, namun ini adalah pertama kalinya ia menemukan jenis mineral yang berada pada ratusan mil dibawah permukaan bumi.

Berbeda dengan mineral sebelumnya, berlian ini memiliki ikatan karbon yang lebih sulit dipisahkan dan diatur ulang. Hal ini membuat material menjadi saluran yang sempurna untuk mempelajari materi yang tertanam jauh di dalam permukaan bumi.

Saluran ke Sumber

Pearson, bersama dengan ilmuwan dari universitas di Kanada, Inggris, dan Afrika Selatan, telah mempelajari berlian asal Tambang Cullinan yang terkenal di Afrika Selatan. Sebelum menemukan mineral, tambang itu dikenal sebagai asal berlian besar yang saat ini berada di British Crown Jewels.

"Kami memiliki sebuah rencana untuk mengumpulkan informasi dengan melihat langsung ke dalam," kata Pearson.

Berlian yang mengandung peroksida kalsium silikat ini ditemukan kurang dari satu mil di bawah permukaan, namun Pearson mengatakan bahwa kemungkinan berlian ini berasal dari kedalaman lebih dari 400 mil.

Pada kedalaman tersebut, berlian dapat menahan tekanan sebesar 240.000 atmosfer bumi. Jenis berlian yang sering kita temukan pada perhiasan biasanya tidak ditemukan pada kedalaman lebih dari 100 mil di bawah permukaan.

Baca juga: Bagaimana Perubahan Iklim Memengaruhi Kehidupan Perempuan?

"Kami memiliki gambaran tentang apa yang kita pikirkan di sana, tapi tidak ada yang seperti memiliki sepotong bahan ini di tangan Anda," ujar Pearson.