Menerapkan Stoikisme, Demi Hilangkan Stres Menjalani Kehidupan

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 19 Januari 2022 | 11:00 WIB
Stoikisme atau Stoa telah mengajarkan tanggung jawab pribadi pada kehidupan manusia. (Allef/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Stres dan kecemasan menghambat kualitas hidup. Tekanan di rumah dan di tempat kerja telah diperburuk oleh pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, ketidakpastian ekonomi, dan kesenjangan politik yang melebar.

Ada tantangan signifikan yang kita hadapi sebagai individu dan masyarakat, tetapi kita tidak dapat mengatasinya jika dilumpuhkan oleh ketakutan dan keputusasaan. Hal-hal besar dicapai ketika kita berkepala dingin, bijaksana, dan dibimbing oleh alasan dan bukti daripada kesombongan dan ketidaktahuan.

Dalam menemukan cara untuk mengatasi stres dan kecemasan, setelah diteliti Stoikisme dapat menjadi dasar-dasar biologis mencapai kebahagiaan. Stoikisme adalah filosofi yang mengajarkan bagaimana menjaga pikiran yang tenang dan rasional, tidak peduli apa yang terjadi pada Anda dan itu membantu Anda memahami, fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan dan tidak khawatir tentang dan menerima apa yang tidak dapat dikendalikan.

Dikutip Pschology Today, aliran filsafat kuno didirikan di Athena oleh pedagang Fenisia Zeno dari Citium sekitar tahun 301 SM. Awalnya disebut Zenonisme kemudian dikenal menjadi Stoikisme karena Zeno dan para pengikutnya bertemu di Stoa Poikilê, atau Painted Porch.

Mungkin masih terdengar asing tentang filsafat Yunani kuno ini.  Namun, pengetahuan dari 2.000 tahun yang lalu dapat membantu perjuangan dalam menghadapi kehidupan di zaman modern ini, benarkah?

Stoikisme

Alih-alih bergerak menuju kesenangan dan menghindari rasa sakit, kaum Stoa memilih untuk menikmati setiap momen dalam menjalani kehidupan. (thegreatcoursesplus.com)

Ada beberapa prinsip Stoik yang sangat membantu dalam mengurangi kecemasan dan stres. Tanpa gangguan ini, produktivitas dan kebahagiaan dapat berkembang. Sebagian besar ide Stoik berpusat pada fakta bahwa pikiran Anda mengendalikan persepsi Anda tentang peristiwa, dan persepsi Anda tentang peristiwa mengatur apakah respons Anda akan konstruktif.

Fitur utama Stoikisme adalah menerima tawaran kehidupan kartu kepada Anda, hanya mengkhawatirkan apa yang dapat Anda kendalikan. Menekankan tentang sesuatu yang tidak dapat Anda ubah adalah pemborosan waktu dan energi yang berharga. Lebih baik menginvestasikan upaya Anda ke dalam upaya yang akan membuahkan hasil. Konsep ini tidak boleh disalahartikan sebagai pengalah, namun tentang merasionalisasi pertempuran mana yang layak diperjuangkan.

Prinsip utama Stoa kuno adalah keyakinan bahwa kita tidak bereaksi terhadap peristiwa. Namun bereaksi terhadap penilaian kita tentang mereka, dan penilaian tersebut bergantung pada diri kita sendiri.

Kaum Stoa mengakui bahwa emosi adalah sinyal impulsif yang membutuhkan rasionalisasi sebelum bertindak. Beberapa penulis Stoik menganjurkan untuk melangkah keluar dari diri Anda sendiri untuk memeriksa emosi secara lebih objektif, sebagai seseorang yang tidak terikat pada situasi tersebut.