Lima Tarian Ini Akan Menyempurnakan Pengalaman Berwisata di Bali

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 12 April 2018 | 09:00 WIB
Seorang penari merias diri sebelum melakukan pentas. (Thinkstock)

Retakan Raksasa di Kenya Ini Bisa Membelah Benua Afrika Menjadi Dua

Bali yang terkenal dengan kekayaan budaya ini memiliki berbagai wisata budaya yang tidak kalah menarik. Berbagai seni tari masih dapat dijumpai dengan mudah. Lima dari sekian banyak tarian yang wajib ditonton langsung di Bali yakni, tari Baris Upacara, tari Kecak, tari Topeng Sidakarya, tari Barong dan tari Pendet.

Sebelum menonton pertunjukan tari, membekali diri dengan pengetahuan terkait dapat membantu kita untuk bisa lebih memahami tarian tersebut. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib kita ketahui dari lima tarian yang dapat ditemui di Bali.

1. Tari Baris Upacara

Tari Baris Upacara merupakan tarian yang digunakan sebagai persembahan tulus kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Konon, ketika pertunjukan tarian ini dilaksanakan, para dewa ikut menari dengan gayanya masing-masing.

Tidak seperti tarian lainnya, Tari Baris Upacara tidak memiliki cerita atau tokoh utama.

Tidak hanya sebagai sarana upacara, tarian ini juga melambangkan nilai kepahlawanan. Hal ini dapat dilihat dari gerakan dan formasinya yang berbaris—seperti namanya—seakan sedang melakukan upacara.

Gerakan berbaris ini seirama dengan lantunan musik dari Gong Gede atau gamelan sejenis yang digunakan sebagai musik pengiring. Perpaduan gerak dan lantunan musik menciptakan kesan seakan para dewa memang sedang ikut menari.

2. Tari Kecak

Tari Kecak adalah sebuah drama tari yang sangat terkenal. Sebagian besar orang mungkin akan menjawab Tari Kecak bila diminta untuk menyebutkan nama tarian khas Bali.