Tentara Rakyat Mataram dan Perang Revolusi Awal Kemerdekaan

By Tri Wahyu Prasetyo, Minggu, 23 Januari 2022 | 12:00 WIB
Pertempuran Ambarawa- Magelang Oleh Pasukan TKR (PAHLAWAN INDONESIA/ FACEBOOK)

Nationalgeographic.co.id—Setelah Proklamasi kemerdekaan 1945, Indonesia mengalami pergolakan di berbagai daerah. Dentum meriam dan desing pelor bersaut-sautan dengan pekik kemerdekaan, hal ini disebabkan imperialisme sekutu yang diboncengi NICA ingin kembali menguasai Indonesia.

Merespon hal tersebut, pada tanggal 05 Oktober 1945 Presiden Soekarno membuat maklumat mengenai pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Tak hanya itu, segenap masyarakat dengan semangat menggelora juga ikut serta angkat senjata melalui pembentukan badan Kelaskaran atau Tentara Kerakyatan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan yang baru saja diproklamasikan.

Salah satu laskar di Indonesia pada saat itu ialah Pemberontakan Rakyat Indonesia Mataram (PRI) yang didirikan pada 12 Oktober 1945 di Yogyakarta oleh Bung  Tardjo, Soejitno, Soendjoto, Salim, dan pemuda lainya. Laskar ini merupakan cikal bakal terbentuknya Tentara Rakyat Mataram (TRM). Pada saat terjadi pertempuran di Magelang, PRI Mataram ikut serta terjun  ke medan laga bersama berbagai Laskar serta TKR untuk melakukan pengepungan dan memukul mundur Sekutu.

Sejarah Terbentuknya TRM

Bergabungnya PRI Mataram pada pertempuran Magelang 29 Oktober 1945 sangat membantu keberhasilan TKR dalam melakukan pengepungan Sekutu. Kemenangan di Magelang tidak kemudian membuat PRI kembali ke Yogyakarta, namun mereka turut serta melakukan pengejaran terhadap sekutu ke arah Ambarawa. Namun saat di tengah perjalanan terjadi perselisihan diantara pimpinan yang mengakibatkan pecahnya PRI Mataram.

Dalam penelitian yang di lakukan oleh Bintang Adi Kunchoro menyebutkan,  Pecahnya PRI Mataram disebabkan oleh Pasukan Rakyat Indonesia Putri (PRIP) yang hendak menggabungkan diri dengan PRI Mataram. Hal ini ditentang oleh beberapa pimpinan PRI seperti Sundjoto dan Salim. Mereka beranggapan bahwa bergabungnya PRIP hanya akan mencemarkan nama baik PRI Mataram.

Namun pendapat tersebut ditepis oleh bung Tardjo, ia beranggapan bahwa bergabungnya PRIP justru akan semakin membakar rasa segan dan hormat kepada kaum wanita.

Perselisihan pemimpin PRI Mataram tidak hanya dilatar belakangi oleh bergabungnya PRIP saja. Terjadi pertentangan antara pendapat Salim serta Soendjoto yang memilih menghalau pasukanya untuk mundur, sedang Bung Tardjo tetep menginginkan untuk melanjutkan perjuangan ke Ambarwa sampai titik darah penghabisan.

Akibat perselisihan tersebut akhirnya bung Tardjo memilih untuk memisahkan diri dari PRI Mataram dan membentuk pasukan sendiri dengan nama Tentara Rakyat Mataram (TRM).

“Bung Tardjo menggabungkan PRIP dalam kesatuan TRM, namun tugas PRIP tidak hanya sebatas untuk TRM saja melainkan kepada seluruh pasukan Indonesia meliputi TKR dan badan perujuangan lainya.” Tulis Bintang dalam penelitianya.

Bung Tardjo menjadi komandan TRM dengan pasukan berjumlah setingkat dengan satu Batalyon yang terdiri dari delapan susunan pasukan. Melalui badan kelaskaranya yang baru, TRM ikutserta dalam awal pertempuran Revolusi guna mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Peran TRM Dalam Perang Revolusi