Kisah Elagabalus, Kaisar Romawi Transgender yang Mati Dipenggal

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 26 Januari 2022 | 16:00 WIB
Rekonstruksi Elagabalus berdasarkan patungnya. (Ichi.pro)

Nationalgeographic.co.id—Kaisar Romawi Heliogabalus atau Elagabalus adalah salah satu penguasa paling kontroversial sepanjang masa. Dia melakukan begitu banyak hal yang tidak biasa sehingga sulit untuk mengatakan apa yang membuatnya terkenal, tetapi itu bukan kepemimpinannya. Dia hidup hanya selama 18 tahun dan memerintah selama empat tahun, tetapi dia berhasil melakukan tindakan tidak bermoral dan skandal yang tak terhitung jumlahnya selama ini.

Ada yang mengatakan rumor tentang Heliogabalus tidak berdasarkan kebenaran, dan dia sengaja difitnah. Tetapi tidak ada asap tanpa api, dan Heliogabalus pasti telah memberikan setidaknya beberapa alasan kepada sejarawan kuno untuk menciptakan gambaran yang menyimpang secara seksual tentang kepribadiannya.

Siapakah Kaisar Heliogabalus?

Heliogabalus adalah putra kedua Julia Soaemias dan Sextus Varius Marcellus yang lahir pada tahun 204 M. Ketika  masih kecil, dia menghabiskan waktunya di Suriah, di mana dia melayani dewa matahari Siro-Romawi Elagabalus sebagai imam besar di Emesa.

Kala memimpin Romawi di usia yang masih 14 tahun, dia terkenal dengan kontroversi agamanya. Heliogabalus mengabdi sebagai seorang pendeta dewa matahari Elagabal. Karena hal ini, dia disebut kurang menghormati tradisi agama Romawi dengan mengganti kepala tradisional dewa Romawi, Jupiter.

Publik, dan anggota terkemuka pemerintah Roma mulai menyadari Kaisar remaja Heliogabalus bukanlah orang yang cocok untuk memimpin kekaisaran Romawi yang perkasa.

Tindakan Tidak Bermoral Kaisar Heliogabalus

Selain itu, Kaisar Heliogabalus benci memakai pakaian Romawi dan Yunani karena terbuat dari wol murahan. Namun masalah terbesar adalah keinginan Heliogabalus untuk menjadi seorang wanita.

Kaisar Heliogabalus disebut menikah lima kali dengan wanita. Dia adalah transgender dan salah satu orang sejarah pertama yang mencari operasi penggantian kelamin. Dia memiliki kekasih pria dan suka berpakaian seperti wanita, mengenakan kalung emas, rias wajah, dan menikahi seorang mantan budak yang dia sebut "suamiku".

Menurut Cassius Dio, negarawan Romawi dan sejarawan asal Yunani dan Romawi, Kaisar Heliogabalus menggunakan tubuhnya untuk melakukan dan membiarkan banyak hal aneh. Seperti pergi ke kedai minuman pada malam hari, mengenakan wig, dan di sana berdagang penjaja wanita. Dia juga sering mengunjungi rumah-rumah bordil yang terkenal, mengusir para pelacur dan bermain sendiri sebagai pelacur.

Akhirnya, dia menyisihkan sebuah kamar di istana dan di sana melakukan perbuatan tidak senonohnya, selalu berdiri telanjang di pintu kamar seperti yang dilakukan para pelacur.

Lukisan terkenal The Roses of Heliogabalus oleh Sir Lawrence Alma-Tadema . (Public domain/ Ancient Pages)