Kenapa Tubuh Kita Makin Menyusut Seiring Pertambahan Usia?

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 20 Januari 2022 | 15:00 WIB
Bertambahnya usia menyebabkan penyusutan pada tubuh (Tori Wesszer)

Nationalgeographic.co.id—Kami memiliki tradisi keluarga di mana setiap tahun, pada Malam Tahun Baru, kami duduk dan melihat-lihat album lama. Saya tidak tahu siapa yang menciptakannya, tetapi saya sangat menikmatinya. Tahun ini, ketika kami melakukan ritual tahunan ini, saya perhatikan bahwa nenek saya sekarang terlihat lebih pendek daripada dirinya di foto-foto ketika dia masih muda.

Tentu saja, itu hanya "usia tua", tetapi menarik untuk mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi untuk membuat kita menjadi lebih pendek dari waktu ke waktu.

Apakah tinggi badan kita berkurang seiring bertambahnya usia?

Jawaban yang disayangkan adalah "ya". Ketinggian yang sebagian besar dari kita pamerkan selama usia remaja dan dua puluhan tiba-tiba memutuskan untuk meninggalkan kita seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, tinggi badan kita cenderung menurun, sehingga kita melihat orang tua dan kakek-nenek kita “menyusut”.

Penurunan tinggi badan ini diamati pada pria dan wanita dan di seluruh benua. Penuaan bersifat universal; demikian juga pengurangan tinggi badan kita secara bertahap.

Orang biasanya mulai kehilangan tinggi badan mereka sekitar usia 30 tahun (kadang-kadang bahkan 40 tahun). Setiap sepuluh tahun setelah usia ini, manusia kehilangan hampir satu sentimeter, yang secara kasar berarti sekitar satu setengah inci. Dengan demikian, kita mungkin kehilangan antara 2,5 hingga 7,5 sentimeter (1 hingga 3 inci) tinggi badan seiring kita menua.

Penurunan tinggi badan ini juga semakin cepat seiring bertambahnya usia: semakin tua seseorang, semakin cepat mereka kehilangan tinggi badan.

Perbedaan pengurangan tinggi badan untuk pria dan wanita

Pria dan wanita kehilangan tinggi badan secara berbeda. Wanita kehilangan lebih banyak inci dibandingkan dengan pria pada usia yang sama. Bukan hanya besaran incinya… wanita juga kehilangan tinggi badan lebih cepat daripada pria. dan juga, wanita kehilangan tinggi badan lebih cepat setelah menopause.

Penurunan kumulatif tinggi badan mulai dari usia 30 hingga 70 tahun rata-rata 3 cm untuk pria.Namun, nilai yang sama untuk penurunan tinggi pada wanita adalah 5 cm. Sedangkan, pada usia 80 tahun, nilai ini berubah menjadi 5 cm untuk pria dan 8 cm untuk wanita.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menyimpulkan bahwa tinggi badan pria dan wanita menurun seiring bertambahnya usia baik dalam analisis cross-sectional maupun longitudinal. Perbedaan ketinggian karena jenis kelamin tidak terlihat selama studi cross-sectional. Namun, menjadi jelas selama studi longitudinal bahwa wanita kehilangan tinggi badan mereka lebih cepat seiring bertambahnya usia, dibandingkan dengan pria.

Juga, cukup menarik, untuk pria, tingkat penurunan tinggi badan tergantung pada tinggi awal mereka. Ini menyiratkan bahwa pria yang lebih tinggi kehilangan tinggi badan lebih cepat. Namun, ini tidak berlaku untuk wanita, berdasarkan hasil studi tersebut.