Kebenaran Vetala, Roh Jahat Umat Hindu di India Berwujud Vampir

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 21 Januari 2022 | 09:00 WIB
Vetala adalah vampir yang tidak biasa karena memiliki pengetahuan tentang masa lalu, sekarang, dan masa depan. (Svetlanarib79/ Adobestock)

Nationalgeographic.co.id—Kebanyakan orang di dunia Barat yang tertarik dengan vampir sudah tidak asing lagi dengan Drakula yang ceritanya terinspirasi dari Vlad III, seorang Pangeran di Wallachia yang sering dipanggil Drakula.

Pangeran Dracula memang penguasa yang kejam, dan haus darah, tapi dia bukan vampir. Dracula karya Bram Stoker yang ditulis pada tahun 1897 tidak diragukan lagi merupakan salah satu kisah vampir paling terkenal yang masih memesona, tetapi ini bukanlah kisah pertama tentang makhluk haus darah yang mengilhami penciptaan vampir.

Manusia telah lama ditakuti dan masih tertarik dengan monster dari berbagai jenis. Beberapa makhluk mengerikan dan berbahaya dalam legenda dan mitos kuno. Salah satu makhluk penghisap darah paling menarik yang mungkin telah berkontribusi pada kisah legendaris Drakula Stoker adalah roh Hindu yang dikenal sebagai vetala.

Vetala yang ditemui dalam mitologi Hindu adalah yang paling dekat dengan definisi vampir di Barat. Menjadi roh jahat, vetala mengintai di tanah pemakaman, menghantui kuburan, dan mengambil mayat setan. Vetala senang membunuh anak-anak, menyebabkan keguguran, dan membuat orang gila.

Rentang belaka dan jumlah dewa dan roh iblis India dan inkarnasi yang tak terhitung jumlahnya dari wilayah ke wilayah sudah cukup untuk mengisi beberapa buku. Tidak diragukan lagi, selama ribuan tahun, mereka telah menyebabkan ratusan ribu orang tak bersalah di India mengunci pintu, menutup jendela, dan menyalakan lilin hingga larut malam.

Vetala disebutkan dalam cerita lama dan modern. (Ancient Pages)

Di dunia Barat, orang percaya bahwa menusukkan tongkat kayu ke jantung akan membunuh vampir. Vampir juga ditolak oleh bawang putih, air mengalir, atau peralatan agama Kristen seperti salib dan air suci.

Menurut kepercayaan kuno, vetala Hindu dapat ditolak dengan mengucapkan mantra. Mungkin juga untuk membebaskan makhluk jahat dari keberadaan hantunya dengan melakukan upacara pemakamannya. Tampaknya mustahil untuk membunuh makhluk itu. Jika tubuh inang vetala hancur, vetala hanya berpindah ke inang lain.

Apa yang tidak biasa tentang vetala dibandingkan dengan vampir versi Barat adalah bahwa makhluk Hindu itu memiliki karunia ramalan. Karena tidak terpengaruh oleh hukum ruang dan waktu, vetala memiliki pengetahuan tentang masa lalu, sekarang, dan masa depan. Ini juga memiliki wawasan luar biasa tentang sifat manusia dan tahu lebih banyak tentang seseorang daripada yang ingin diungkapkan banyak orang tentang diri mereka sendiri. Memiliki kekuatan supranatural yang luar biasa, vetala sering dikejar oleh para penyihir yang ingin menggunakan karunia kenabiannya.

Orang akan mengira kepercayaan pada vetala sudah lama hilang, tetapi bukan itu masalahnya. Itu masih terjadi di India orang mengejar vampir yang sulit ditangkap.

Dilansir Ancient Pages, pada musim semi 2012, penduduk desa yang ketakutan di desa Dharampuri di India mengklaim bahwa vampir lokal menyerang ternak mereka, menghisap darah dari hewan tersebut. Tidak ada alasan yang bisa meyakinkan mereka sebaliknya, jadi politisi lokal datang dengan sebuah ide: