Mencari Kapal Perang, Berjumpa Cumi-cumi Langka Berlengan Panjang

By Sysilia Tanhati, Jumat, 21 Januari 2022 | 11:00 WIB
Penemuan cumi-cumi di kedalaman yang luar biasa menunjukkan bahwa ada kehidupan dan banyak yang harus dilindungi. (NOAA Ocean Exploration)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah tim dari Caladan Oceanic menemukan USS Johnston, yang tenggelam selama pertempuran laut yang intens pada tahun 1944. Kapal ini ditemukan dalam kondisi sangat baik, senjatanya masih menunjuk ke arah musuh.

Namun, beberapa hari sebelum melakukan perjalanan memecahkan rekor, para penjelajah telah melakukan penyelaman lagi ke dasar laut. Ini adalah sebuah penyelaman yang berakhir beberapa kilometer dari sasaran.

Meskipun mereka gagal menemukan bangkai kapal hari itu, mereka menemukan hal unik lainnya.

Alan Jamieson, seorang peneliti laut dalam dari Universitas Western Australia, menelusuri video penyelaman hari itu.

Kapal selam dua orang, yang dikemudikan oleh Victor Vescovo, investor Amerika pendiri Caladan Oceanic, meluncur melewati lumpur. Mereka sedang melakukan perjalanan panjang melalui Palung Filipina, yang terletak 6.200 meter di bawah permukaan, timur Filipina.

Tapi kemudian, untuk beberapa detik video, sesuatu yang aneh bergerak di kejauhan. Jamieson memutar ulang dan memainkan urutan pendek lagi. Berulang-ulang.

Di layarnya, tertangkap cahaya yang dipancarkan oleh kapal selam, sebuah bentuk yang kabur namun dapat dikenali: cumi-cumi. Cumi-cumi ini berenang tepat dasar laut, satu setengah kilometer lebih dalam daripada yang pernah dilihat siapa pun sebelumnya.

Jamieson dengan cepat memotong klip dari rekaman dan beberapa gambar diam. Ia mengirimkannya ke Mike Vecchione, seorang ahli zoologi di Smithsonian Institution. Dari garis besar makhluk itu, Vecchione bisa tahu ini adalah magnapinnid. Hewan ini juga dikenal sebagai cumi-cumi sirip besar karena sirip besar yang menonjol dari mantelnya. Magnapinnida adalah salah satu cumi-cumi paling misterius di dunia.

“Mereka benar-benar aneh,” kata Vecchione. Cumi-cumi ini melayang dengan lengan terbentang  yang sangat panjang, kurus, seperti spageti ini menjuntai di bawahnya. Pengisap mikroskopis pada filamen tersebut memungkinkan cumi-cumi untuk menangkap mangsanya.

Tapi cumi-cumi yang dilihat Jamieson dan Vecchione dalam rekaman yang ditangkap 6.212 meter di bawah permukaan laut itu kecil. Mereka memperkirakan bahwa mantelnya berukuran panjang 10 sentimeter. Hanya sekitar sepertiga ukuran magnapinnid terbesar yang diketahui. Dan ekstensi panjang khas yang diamati pada magnapinnids lain tidak terlihat di video. Itu bisa berarti, kata Vecchione, bahwa cumi-cumi sirip besar ini masih muda.

Penemuan ini menarik karena implikasinya, kata Bruce Robison, ahli ekologi laut dalam di Monterey Bay Aquarium Research Institute. Cumi-cumi, sebagai predator puncak, bergantung pada jaring ekologi yang kompleks. Penemuan magnapinnids di kedalaman ini menunjukkan bahwa banyak bentuk kehidupan lain di bawah sana yang mendukungnya.