Asal Usul Jabat Tangan, Telah Digunakan di Zaman Kuno Untuk Hal Ini

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:00 WIB
Relief yang menggambarkan Raja Asyur Shalmaneser III berjabat tangan dengan penguasa Babilonia. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Kita sudah begitu terbiasa berjabat tangan dengan orang lain, kita hampir tidak memikirkan bagaimana, di mana, dan mengapa kebiasaan ini lahir.

Di sebagian besar negara, berjabat tangan dilakukan saat bertemu, menyapa, atau berpisah. Di zaman modern, tujuan berjabat tangan adalah untuk menyampaikan kepercayaan, rasa hormat, keseimbangan, dan kesetaraan, tetapi ini jelas bukan asal mula tradisi kuno ini.

Sejarah jabat tangan tidak sepenuhnya jelas, dan sulit untuk menentukan di mana perilaku ini muncul. Para arkeolog telah menemukan teks kuno, reruntuhan, dan artefak yang mengungkapkan bahwa berjabat tangan adalah hal biasa di antara nenek moyang kita. Tampaknya tradisi berjabat tangan sudah berlangsung lama. Ada abad kesembilan SM. relief Raja Asyur Shalmaneser III menekan daging dengan penguasa Babilonia untuk menyegel aliansi.

Ada juga prasasti pemakaman abad ke-5 SM yang dipajang di Museum Pergamon, Berlin yang menunjukkan dua tentara yang berjabat tangan. Penggambaran serupa tentang berjabat tangan telah ditemukan di prasasti pemakaman lainnya.

Pada abad keempat dan kelima SM. Seni pemakaman Yunani ada penggambaran seseorang yang berjabat tangan dengan anggota keluarga, isyarat yang menandakan perpisahan terakhir atau ikatan abadi antara yang hidup dan yang mati. Orang Romawi kuno menganggap berjabat tangan sebagai tanda kesetiaan dan kepercayaan.

Para ilmuwan menyarankan tradisi berjabat tangan dimulai sebagai simbol perdamaian. Pada zaman kuno banyak pria membawa senjata dan memegangnya di tangan kanan mereka. Jika seorang pria bertemu seseorang yang dia ingin berteman, dia mengulurkan tangan kanannya yang kosong menunjukkan bahwa itu tidak berisi senjata.

Dilansir Ancient Pages, berjabat tangan juga digunakan orang zaman kuno untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada orang yang tiba-tiba bisa meraih senjata. Jadi, masing-masing orang menggenggam tangan yang lain dan memegang erat sampai keduanya yakin. 

Naisko pemakaman Yunani kuno, dari makam Agathon dan Sosykrates, dipamerkan di pintu masuk Biara Museum Arkeologi Kerameikos (Athena). (Public domain)

Jabat tangan juga merupakan simbol itikad baik saat mengucapkan sumpah atau janji. Menurut sejarawan Walter Burkert, “sebuah kesepakatan dapat diungkapkan dengan cepat dan jelas dalam kata-kata, tetapi hanya menjadi efektif dengan gerakan ritual: tangan terbuka tanpa senjata terentang satu sama lain, saling menggenggam dalam jabat tangan bersama.” Dengan bergandengan tangan, orang-orang menunjukkan bahwa kata-kata mereka adalah ikatan suci.

Tradisi berjabat tangan juga dipraktekkan pada Abad Pertengahan ketika para ksatria berjabat tangan satu sama lain sebagai upaya untuk melepaskan senjata yang tersembunyi. Tetap saja, berjabat tangan bukanlah bagian dari kode ksatria ksatria.

Mungkin juga tradisi berjabat tangan jauh lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya. Jabat tangan telah ada dalam beberapa bentuk atau lainnya selama ribuan tahun. Gagasan ini tidak mengherankan, mengingat berapa umur tradisi kita yang lain yang masih digunakan. Sebagai contoh, kita dapat menyebutkan tepukan yang memiliki akar yang sangat kuno juga.