Sejarah Permainan Monopoli, Jadi Alat Pendidikan di Zaman Dulu

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 30 Januari 2022 | 07:00 WIB
Papan Monopoli. (Alex Wong/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Monopoli adalah permainan yang telah menjadi favorit bagi semua orang. Meskipun Anda mungkin mengetahui aturan dan cara bermain Monopoli, seberapa banyak yang Anda ketahui tentang sejarahnya dan dari mana asalnya?

Monopoli sudah ada sejak tahun 1903 sebagai The Landlord's Game. Pada awal 1900-an, The Landlord's Game diciptakan oleh Lizzie Magie, yang merupakan seorang anti-monopoli pada saat itu. Kemudian nama Monopoli dipatenkan oleh Charles Darrow pada tahun 1935. 

Awalnnya, niat Magie adalah agar permainan tersebut mengilustrasikan teori pajak tunggal yang diterapkan oleh Henry George, dan untuk bertindak sebagai alat pendidikan untuk menyoroti dampak negatif pemusatan lahan dalam monopoli swasta. Dari sana, permainan Monopoli yang sebenarnya 'dikonseptualisasikan' oleh Darrow. Dengan itu, diyakini bahwa Darrow mencuri ide Magie.

Pada tahap ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Monopoli adalah Permainan Tuan Tanah atau apakah itu permainannya sendiri. Ketika Anda mulai memikirkannya, di situlah segalanya menjadi sedikit rumit. Dikutip Games Ever, Magie mematenkan game tersebut pada tahun 1904 dan menerbitkannya (di bawah Economic Game Company) pada tahun 1906.

Baca Juga: Rahasia di Balik Eksistensi Game FIFA, Kalahkan Pro Evolution Soccer 

Banyak yang percaya bahwa Charles Darrow mencuri ide Magie, kemudian menamainya, membuat beberapa perubahan, dan mengeklaim sebagai miliknya sebelum menjualnya ke Parker Brothers. Bagaimanapun, satu hal yang pasti; sejarah permainan ini cukup menarik. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut.

Ketika Lizzie Magie menerbitkan permainannya, dia mungkin tidak pernah berpikir bahwa permainannya akan menginspirasi pencipta lain untuk mencuri konsepnya dan menjadi penerima hadiah yang seharusnya menjadi miliknya.

Ketika Magie merilis permainan ini di awal 1900-an, berbagai permainan papan tiba-tiba muncul, semuanya berfokus pada proses pembelian tanah untuk pengembangan dan penjualan properti yang belum dikembangkan—semuanya mirip dengan permainan yang ditemukannya. Ini terlihat terjadi sejak rilis The Landlord's Game hingga 1930-an. Magie jelas memperhatikan bahwa permainan tersebut telah mendorong kreasi lain.

Setelah itu, Charles Darrow mulai mendistribusikan permainannya sendiri yang disebut Monopoli, yang sangat mirip dengan The Landlord's Game dengan merek yang berbeda dan aturan yang agak berbeda.

Baca Juga: Bagaimana Game Seluler Bisa Membantu Menyelamatkan Planet Ini? 

Darrow kemudian menjual hak cipta permainan tersebut kepada Parker Brothers. Setelah Parker Brothers memiliki semua admin yang memilah hak cipta game, mereka mulai bekerja menyiapkan game untuk dijual. Selama tahun-tahun pertama, penjualan meningkat. Setahun kemudian, permainan tersebut tersedia (dan dilisensikan) untuk dijual kembali di luar Amerika Serikat.

Monopoli telah berjalan jauh dan telah mengumpulkan momentum besar di sepanjang jalan juga. Saya sangat merasa bahwa Monopoli akan terus berubah dan tumbuh, dan bahkan dalam waktu 20 tahun, itu akan sama populernya seperti di tahun 1900-an dan masih populer sampai saat ini.