Erupsi Anak Krakatau 2018: Bukan Magma Penyebabnya tetapi Keruntuhan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 30 Januari 2022 | 08:00 WIB
Erupsi Anak Krakatau tahun 2018 bukan disebabkan oleh aktivitas magma seara langsung, melainkan adanya keruntuhan di dalam tubuh gunung. (Ricky Martin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Bersamaan dengan meletusnya gunung vulkanik Hunga Tonga–Hunga Haʻapai pada Jumat (14/01/2022), sebuah tim peneliti lintas negara menerbitkan temuan mereka terkait sumber meletusnya Anak Krakatau yang terjadi tahun 2018.

Makalah itu terbit di jurnal Earth and Planetary Science Letters yang mengungkap bahwa letusan saat itu tidak disebabkan oleh perubahan mencolok dalam sistem magmatik yang semestinya dapat dideteksi oleh pemantauan. Melainkan, disebabkan oleh proses destabilasasi jangka panjang, tulis para peneliti.

Temuan ini diungkap ketika mereka mengamati karakteristik fisik, kimia, dan mikrotekstur dari material hasil letusan. Disimpulkan bahwa ada ledakan besar yang berhubungan dengan keruntuhan di dalam Anak Krakatau yang disebabkan sistem magmatik dan membuatnya tidak stabil sesaat setelah longsoran terjadi.

Baca Juga: Bencana Iklim Tahun 536, Tahun Kegelapan dan Kaitannya dengan Krakatau

Jenis bahaya vulkanik ini jarang terjadi, sangat sulit diprediksi, dan seringkali menghancurkan. "Temuan kami menunjukkan bahwa meskipun ada letusan eksplosif yang dramatis pasca runtuhnya Anak Krakatau, ini dipicu oleh tanah longsor yang melepaskan tekanan pada sistem magma—seperti buih sampenye yang meluap," ujar Sebastian Watt, penulis senior makalah dari School of Geography, Earth and Environmental Sciences, University of Birmingham, Inggris di rilis Institut Teknologi Bandung.

Artinya, mereka menyimpulkan, sangat kecil kemungkinannya bila bencana itu itu disebabkan oleh magma yang naik ke permukaan dan memicu tanah longsor yang mengakibatkan tsunami.

Sayangnya, metode pemantauan gunung berapi saat ini merekam aktivitas seisimik dan sinyal lain yang disebabkan oleh magma yang naik lewat gunung vulkanik, tulis mereka dalam makalah berjudul "Downward-propagating eruption following vent unloading implies no direct magmatic trigger for the 2018 lateral collapse of Anak Krakatau"

Baca Juga: Studi Terbaru: Longsoran Anak Krakatau pada 2018 Mampu Mengubur London

Sedangkan, letusan Anak Krakatau pada tiga tahun silam itu tidak dipicu dari dalam tetapi dari luar, yaitu dengan runtuhnya bagian tubuh gunung secara tiba-tiba. Hal itu mengakibatkan kejadian ini tidak terdeteksi menggunakan teknik yang masih digunakan saat kejadian terjadi.

Mirzam Abdurrachman, salah satu anggota peneliti dan doktor di Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung, menjelaskan, jika tanah longsor berksala besar terjadi di daerah vulkanik sebagai akibat dari ketidakstabilan jangka panjang, dan dapat terjadi tanpa perubahan yang khas dalam aktivitas magmatik di gunung berapi.

Proses terjadinya letusan Anak Krakatau tahun 2018. Erupsi itu disebabkan runtuhan yang memicu aktivitas dalam tubuh gunung. (Cutler et al. 2022)

Ini berarti, lanjutnya, fenomena tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan yang jelas. Sehingga, hasil temuan ini jadi tantangan masa depan kawasan yang memiliki pulau-pulau gunung api untuk memprediksi bahaya.