Hutan Indonesia Cuma Berdampak Kecil Pada Target Pengurangan Emisi

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 28 Januari 2022 | 11:00 WIB
Hutan hujan tropis di Kalimantan. Walau memiliki dampak yang besar untuk pengurangan emisi, ternyata angkanya masih kalah pada produksi emisi itu sendiri. Mampukah Indonesia mengejar target yang ditetapkannya sendiri? (Donny Fernando/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—Memiliki hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia, Indonesia juga salah satu penghasil gas rumah kaca terbesar selama 2000-2016. Sehingga, Indonesia bertanggung jawab atas sekitar seperempat emisi global dari deforestasi, degradasi hutan, dekomposisi lahan gambut, dan kebakaran.

Dengan kondisi hutan Indonesia sekarang, dampaknya masih sangat kecil untuk memenuhi target pengurangan emisi di Perjanjian Paris tahun 2016. Hal itu diungkap oleh para peneliti lewat makalah di jurnal Proceeding National Academy of Sciences (PNAS) yang akan dipublikasikan resmi 1 Februari 2022.

Studi ini dilakukan oleh kelompok penelitian yang dipimpin Ben Groom, Ketua Dragon Capital di Biodiversity Economics di University of Exeter Business School, Inggris.

Mereka menganalisis efektivitas skema emisi terkait hutan di Indonesia dengan membandingkan data satelit tahun 2004 hingga 2018 pada tutupan hutan di kawasan moratorium yang awalnya mencakup 69 juta hektar lahan hutan, dengan kawasan kontrol di luar moratorium deforestasi tahun 2010.

Pengamatan mereka berlanjut dengan membagi 400.000 petak tutupan hutan di seluruh Indonesia untuk kemudian dicocokkan pada petak-petak hutan di dalam dan di luar area moratorium. Tujuannya, peneliti dapat membandingkan area lahan dengan hutan yang serupa dan mengukur dampaknya lewat perbandingan tren sebelum dan sesudah moratorium.

Hasil penghitungan para peneliti, moratorium membuat pengurangan 67,8 hingga 86,9 juta ton pengurangan emisi karbon. Dampak pengurangan ini meliputi hutan lahan kering di dalam area moratorium yang memiliki tutupan hutan rata-rata 0,65 persen.

Baca Juga: Wahai Anak Muda, Indonesia Menanti Langkahmu untuk Netralitas Karbon

Walau demikian, lahan gambut sebagai penyimpan karbon alami yang sangat besar ternyata menandingi pengurangan itu, sehingga moratorium tidak berpengaruh, tulis para peneliti dalam makalah berjudul Carbon emissions reductions from Indonesia’s moratorium on forest concession.

Sehingga, walau skemanya cukup berhasil, dampaknya "kecil" dibandingkan dengan kontribusi pengurangan karbon yang ditentukan secara nasional (NDC) untung pengurangi karbon yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris.

"Perkiraan kami menunjukkan kontribusi tahunan sebesar tiga-empat persen untuk NDC Indonesia dari pengurangan emisi sebesar 29 persen pada tahun 2030, yang hanya merupakan kerusakan kecil dalam komitmen keseluruhan Indonesia," terang Groom di Eurekalert.

"Ini jadi masalah karena di Indonesia sekitar 65 persen emisi berasl dari kawasan hutan sehingga sektor kehutanan adalah tempat yang sangat penting untuk menghentikan laju emisi jika mereka akan memenuhi komitmen NDC mereka untuk Perjanjian Paris."

Pemandangan deforestasi di pulau Sumatra di Indonesia, 5 Agustus 2010. (REUTERS/Beawiharta/File Photo)