Evolusi Ukuran Anjing Jadi Kecil Sudah Ada Sebelum Dijinakkan Manusia

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 1 Februari 2022 | 15:00 WIB
Beberapa jenis anjing berukuran sangat kecil. Leluhur mereka telah mengecil jauh sebelum domestikasi, dan menjadi mungil ketika dibiakkan manusia. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id—Tidak sedikit ilmuwan yang mengatakan bila evolusi serigala menjadi anjing terjadi saat manusia menjinakkan mereka. Penjinakkan itu terjadi sekitar 15.000 tahun yang lalu atau selama periode glasial terakhir menurut berbagai laporan ilmiah, seperti yang pernah dikabarkan oleh National Geographic Indonesia Juli 2021.

Namun, makalah terbaru justru mengatakan anjing berukuran kecil seperti Pomeranian dan Chihuahua telah berevolusi jauh sebelum penjinakkan. Diperkirakan mutasi genetik yang mengantarkan evolusi ini dapat ditelusuri hingga ke serigala yang hidup lebih dari 50.000 tahun silam.

Makalah itu diterbitkan di jurnal Current Biology, Kamis (27/01/2022), berjudul Natural and human-driven selection of a single non-coding body size variant in ancient and modern canids.

Lewat pengamatan pada gen faktor yang menyerupai insulin (insulin-like growth factor 1 atau IGF1), terdapat mutasi genetik utama yang jadi penyebab atas mengecilnya dua ras anjing itu. Para peneliti menyebutnya sebagai mutasi "tidak biasa" pada DNA yang mengatur ekspresi gen itu. Pengamatan pada DNA ini sudah lama diabaikan oleh para ilmuwan untuk menelisik asal-usul anjing.

Para peneliti, lewat diskusinya, menemukan bahwa mutasi tersebut hadir pada DNA yang berusia 54.000 tahun dari fosil serigala Siberia (Canis lupus campestris), dan pada DNA setiap spesies canid yang ada saat ini, termasuk serigala, coyote, dan anjing pemburu Afrika.

Mutasi itu terletak di bagian DNA dekat fen IGF1 yang dapat mengatur ekspresinya. Pada waktunya akan berimbas pada ukuran tubuh anjing. Mereka menulis, ada dua alel potongan DNA atau versinya, yaitu memiliki basis sitosin ekstra (C) yang membuatnya jadi lebih kecil, dan satu lagi yang memiliki basis timin ekstra (T) yang membuatnya lebih besar.

Baca Juga: Kepintaran Anjing: Ternyata Mereka Bisa Membedakan Bahasa Manusia

Dari apa yang dilihat para peneliti, para anjing mewarisi dua alel gen dari masing-masing induk jantan dan betinanya. Dapat diartikan, tulis tim, anjing dapat memiliki dua versi alel kecil (CC), atau CT, atau alel besar (TT).

"Kami terkejut menemukan mutasi dan senang menemukan bahwa kedua varian [C dan T] hadir lebih dari 54.000 tahun yang lalu," kata Elaine Ostrander, ahli genetika di National Human Genome Research Institute, National Institutes of Health, dikutip dari LiveScience.

Ia melanjutkan, bahwa temuan ini membantu menyatukan apa yang selama ini diketahui tentang domestikasi anjing dan ukuran tubuhnya. "Seolah-olah alam telah menyimpannya di saku belakangnya selama puluhan ribu tahun sampai dibutuhkan [untuk bermutasi]," ujarnya di Eurekalert.

Ada banyak ras anjing yang ukurannya berbeda-beda. Mereka memiliki leluhur dari serigala, tapi apa yang menyebabkan mereka mengecil? (Kosamtu)

Masalahnya, gen IGF1 bukan satu-satunya gen yang dapat memengaruhi ukuran tubuh anjing, lanjut Ostrander. Ada 20 gen yang telah diketahui para ilmuwan yang berhubungan dengan ukuran tubuh. Tetapi, gen satu ini punya pengaruh yang sangat besar dengan menyebabkan 15 persen varian ukuran tubuh di seluruh ras anjing.