Temuan Bukti Perkawinan Silang Antarspesies Unta di Kuil Allat, Irak

By Maria Gabrielle, Minggu, 30 Januari 2022 | 14:00 WIB
Dekorasi di Kuil Allat, Irak yang menunjukkan unta hibrida. (Antiquity)

Nationalgeographic.co.id - Bukti perkawilan silang antarspesies hewan unta ditemukan pada dekorasi di Kuil Allat, Hatra, Irak. Awalnya, para arkeolog tengah melakukan restorasi kuil dan melihat sesuatu yang tidak terduga di atas pintu kuil.

Karya seni berupa potongan batu horizontal menunjukkan unta hibrida yang dihasilkan dari persilangan antara Camelus bactrianus dan Camelus dromedarius. Dilansir dari CNN, penggambaran unta-unta ini telah membantu para peneliti mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang Hatra kuno.

Diketahui Hatra kuno merupakan kerajaan kecil tetangga kekaisaran Romawi dan Parthia. Karya seni ini juga menambah bukti yang dimiliki para peneliti tentang kapan dan di mana unta hibrida dibiakkan.

Sebelumnya, para peneliti meyakini bahwa berbagai jenis unta dikawinsilangkan terutama di kerajaan yang luas. Temuan terbaru menunjukkan praktik tersebut semakin meluas.

“Gambar itu tampaknya mengungkapkan pesan yang tepat (tentang) keterlibatan langsung raja dalam penggembalaan unta, manajemen, dan praktik hibridisasi,” kata Massimo Vidale, seorang profesor di Università degli Studi di Padova, Italia.

Para ahli percaya, karya seni itu ditambahkan ke kuil selama renovasi yang dilakukan oleh Raha Sanatruq I dan putranya, Abdsamiya, pada tahun 168 M. Selama waktu inilah para bangsawan mendedikasikan kembali kuil itu untuk Dewi Allat.

Baca Juga: Gobekli Tepe, Kuil Tertua di Dunia yang Jadi Daya Tarik Wisata Turki

Penelitian terdahulu pada dekorasi batu menunjukkan bahwa karya seni ini menggambarkan delapan dromedari dengan dua unta baktria di tengahnya. Dromedari adalah unta Arab yang memiliki satu punuk. Hewan ini sangat ideal untuk berkuda maupun balapan.

Sebaliknya, unta baktria berasal dari Asia Tengah yang memiliki dua punuk. Hewan ini dapat bertahan di ketinggian, suhu dingin, bahkan kekeringan. Ketika Vidale dan rekan-rekannya melihat lebih dekat pada karya seni itu mereka memperhatikan bagian wajah dan bulu dari unta baktria itu sebenarnya lebih mirip persilangan antara unta baktria dan dromedari.

Ciri yang telah diamati pada unta hibrida ini adalah hanya ada sedikit lekukan di antara dua punuh. Berdasarkan kerangka unta hibrida tertua yang ditemukan dari kekaisaran Romawi dan Parthia, orang-orang telah membiakkan unta sejak abad pertama Masehi.

Praktik peternakan mulai berlaku ribuan tahun lalu, karena mengarah pada hewan yang lebih kuat dan lebih tangguh. Unta hibrida dapat membawa dua kali lipat beban dromedari dan dua kali lipat dari apa yang dapat ditopang unta baktria.

Baca Juga: Ornamen Kulit Telur Burung Unta Singkap Jaringan Sosial Kuno di Afrika