Selama Pandemi, Depresi dan Kecemasan Meningkat Pada Ibu Hamil

By Ricky Jenihansen, Minggu, 6 Februari 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi ibu hamil di masa pandemi. (Pinterest)

Nationalgeographic.co.id - Studi baru dari University of Essex menemukan bahwa pandemi covid-19 telah menyebabkan lonjakan depresi dan kecemasan pada ibu hamil. Peningkatan depresi dilaporkan meningkat lebih dari 30 persen dibandingkan sebelum pandemi, dari 17 persen menjadi 47 persen. Sementara tingkat kecemasan melonjak lebih besar, yaitu 37 persen pada ibu hamil menjadi 60 persen.

Seperti diketahui, kehamilan telah terbukti menjadi saat-saat dalam kehidupan seorang wanita yang sangat rentan terhadap masalah kesehatan mental. Namun demikian, hanya sebagian besar ibu melaporkan gejala kesehatan mental perinatal subklinis sehingga tidak terdeteksi.

Pada penelitian ini, para peneliti menggunakan sampel dari 150 wanita hamil Inggris yang disurvei selama pandemi covid-19. Pertanyaan yang diajukan termasuk demografi, detail kehamilan, dan penilaian covid-19. Langkah-langkah yang divalidasi digunakan untuk mengumpulkan lampiran di antaranya, antenatal ibu atau pemeriksaan kehamilan (MAAS) yang dilaporkan sendiri, gejala kecemasan, depresi, dan stres terkait dampak psikologis covid-19.

Studi peer-review dari 150 wanita tersebut berlangsung selama puncak krisis Coronavirus antara April 2020 dan Januari 2021. Rentang waktu tersebut merupakan masa sebelum program vaksinasi diluncurkan.

Baca Juga: Apakah Editor Jurnal Bertanggung Jawab atas Rendahnya Kualitas Penelitian Mental Karena COVID-19?

Dr. Maria Laura Filippetti dan Dr. Rigato, peneliti di Essex Babylab dari University of Essex memimpin penelitian tersebut. Rincian laporan penelitian juga telah dipublikasikan di BMC Pregnancy and Childbirth pada 31 Januari 2022 dengan judul "The mental health crisis of expectant women in the UK: effects of the COVID-19 pandemic on prenatal mental health, antenatal attachment and social support".

Pandemi covid-19 telah menyebabkan lonjakan depresi dan kecemasan pada ibu hamil (Shutterstock)

Dalam laporan penelitian disebutkan, bahwa trauma prenatal, seperti yang dialami selama pandemi covid-19, dapat secara signifikan meningkatkan kerentanan terhadap masalah kesehatan mental ibu hamil. Penelitian tersebut menemukan dukungan sosial terlindungi dari gejala kecemasan yang terkait dengan pandemi.

Peneliti menyoroti perubahan pada layanan bersalin yang dipaksakan oleh karantina dan pembatasan lain yang kemungkinan berdampak pada kesehatan mental. Pembatalan janji temu dan perubahan lain pada kontak tatap muka mungkin telah memengaruhi kesejahteraan ibu hamil.

Selain itu, juga muncul dari penelitian bahwa wanita hamil dengan gejala depresi yang lebih tinggi dilaporkan merasa kurang terikat dengan bayi mereka yang belum lahir.

Baca Juga: Film Zombie Baik untuk Mental Saat Menghadapi Pagebluk Covid-19

"Meskipun hasil ini sejalan dengan pengamatan sebelumnya bahwa suasana hati wanita selama kehamilan memengaruhi hubungan awal dengan anaknya, ini memperkuat perlunya pihak berwenang untuk mendukung wanita selama kehamilan dan periode pascakelahiran untuk melindungi kesehatan dan kehamilan mereka. perkembangan bayi mereka," kata Rigato dalam rilis University of Essex.