Tidak Sembarangan, Manusia Purba Ternyata Paham Penataan Ruangan

By Ricky Jenihansen, Kamis, 3 Februari 2022 | 10:00 WIB
Rekonstruksi Manusia Purba di Gua Lazaret, Prancis. (De Lumley, M.A)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari Tel Aviv University mengungkapkan bahwa ternyata manusia purba memiliki pemahaman yang baik tentang penataan ruangan. Para peneliti memberikan bukti kemampuan kognitif yang tinggi pada manusia purba yang hidup sekitar 170.000 tahun yang lalu.

Pada studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa manusia purba yang menempati sebuah gua telah menempatkan perapian mereka di lokasi yang optimal. Tempat tersebut memungkinkan pemanfaatan api secaram maksimal untuk aktivitas dan kebutuhan mereka dan memberikan mereka dampak terkecil dari asap yang dihasilkan.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan di jurnal scientific reports pada 27 Januari 2022. Publikasi dengan judul "The influence of smoke density on hearth location and activity areas at Lower Paleolithic Lazaret Cave, France" merupakan jurnal akses terbuka yang dapat diakses secara daring.

Studi ini dipimpin oleh mahasiswa PhD Yafit Kedar, dan Prof. Ran Barkai dari Departemen Arkeologi dan Kebudayaan Timur Dekat Kuno Jacob M. Alkow di Tel Aviv University, bersama dengan Dr. Gil Kedar. Dalam studi pertama, para peneliti mengembangkan model simulasi penyebaran asap berbasis perangkat lunak dan menerapkannya ke situs prasejarah yang diketahui.

Yafit Kedar menjelaskan bahwa penggunaan api oleh manusia purba telah diperdebatkan secara luas oleh para peneliti selama bertahun-tahun. Mengenai pertanyaan-pertanyaan seperti, pada titik mana dalam evolusi mereka, manusia belajar bagaimana mengendalikan api dan menyalakannya sesuka hati? Kapan mereka mulai menggunakannya setiap hari? Apakah mereka menggunakan ruang dalam gua secara efisien dalam kaitannya dengan api? Sementara semua peneliti setuju bahwa manusia modern mampu melakukan semua hal ini, perselisihan berlanjut tentang keterampilan dan kemampuan jenis manusia sebelumnya.

"Salah satu isu utama dalam perdebatan adalah lokasi perapian di gua-gua yang ditempati oleh manusia purba untuk jangka waktu yang lama. Perapian berlapis-lapis telah ditemukan di banyak gua, menunjukkan bahwa api telah dinyalakan di tempat yang sama selama bertahun-tahun. Dalam penelitian sebelumnya, menggunakan model sirkulasi udara di gua berbasis perangkat lunak, bersama dengan simulator penyebaran asap di ruang tertutup, kami menemukan bahwa lokasi optimal untuk paparan asap minimal di musim dingin adalah di bagian belakang gua. lokasi yang paling tidak menguntungkan adalah pintu masuk gua," jelas Kedar dalam rilis Tel Aviv University.

Dalam studi saat ini, para peneliti menerapkan model penyebaran asap mereka ke situs prasejarah yang dipelajari secara ekstensif, Gua Lazaret di Prancis tenggara, yang dihuni oleh manusia purba sekitar 170.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. "Menurut model kami, berdasarkan penelitian sebelumnya, menempatkan perapian di belakang gua akan mengurangi kepadatan asap seminimal mungkin, memungkinkan asap beredar keluar dari gua tepat di sebelah langit-langit. lapisan arkeologi yang kami periksa, perapian terletak di tengah gua. Kami mencoba memahami mengapa penghuni memilih tempat ini, dan apakah penyebaran asap telah menjadi pertimbangan penting dalam pembagian ruang gua menjadi area aktivitas," Kata Kedar.

Penggalian di Gua Lazaret, Prancis. (De Lumley, M. A)

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para peneliti melakukan serangkaian simulasi penyebaran asap untuk 16 lokasi hipotetis perapian di dalam gua seluas 290 meter persegi. Untuk setiap perapian hipotetis, mereka menganalisis kepadatan asap di seluruh gua menggunakan ribuan sensor simulasi yang ditempatkan terpisah 50 sentimeter dari lantai hingga ketinggian 1,5 meter.

Untuk memahami implikasi kesehatan dari paparan asap, pengukuran dibandingkan dengan rekomendasi paparan asap rata-rata dari Organisasi Kesehatan Dunia. Dengan cara ini empat zona aktivitas dipetakan di gua untuk setiap perapian. Zona merah yang pada dasarnya di luar batas karena kepadatan asap yang tinggi. Area kuning yang cocok untuk pekerjaan jangka pendek beberapa menit. Area hijau yang cocok untuk pekerjaan jangka panjang selama beberapa jam atau hari. Terakhir area biru yang pada dasarnya bebas asap.

"Kami juga menemukan bahwa dalam situasi ini, area dengan kepadatan asap rendah, yang paling cocok untuk aktivitas berkepanjangan, relatif jauh dari perapian itu sendiri," Kedar melanjutkan.