Tradisi Pria Romawi Kuno Potong Ibu Jari, Ternyata Demi Hal Ini

By Hanny Nur Fadhilah, Rabu, 2 Februari 2022 | 09:00 WIB
Pria pada zaman Romawi kuno sengaja memotong ibu jarinya karena menghindari dinas militer. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Bisakah Anda menemukan alasan mengapa Anda dengan sengaja menghapus ibu jari Anda yang sehat? Laki-laki Romawi kuno percaya bahwa mereka memiliki alasan yang baik untuk memotong ibu jari mereka.

Agar memahami motivasi mereka merusak tangan mereka, pertama-tama harus disadari bahwa kehidupan di Kekaisaran Romawi kuno bisa sangat sulit tidak hanya bagi anak-anak dan wanita, tetapi juga bagi pria tanpa memandang status.

Seorang pria Romawi yang kaya dan berkuasa dapat menikmati makanan lezat, pesta, berbagai kegiatan menghibur, dan segala sesuatu yang ditawarkan kehidupan yang baik, tetapi kehidupannya yang nyaman dapat dengan mudah berubah menjadi mimpi buruk jika dia memutuskan untuk memotong ibu jarinya.

Jadi, mengapa ada orang yang ingin dengan sengaja ingin merusak tangannya? Merusak tubuh seseorang dengan sengaja terdengar gila, tetapi pria Romawi tahu bahwa mereka terpaksa merusak jari mereka untuk menghindari dinas militer.

Kekaisaran Romawi sangat luas dan kuat, tetapi untuk mencapai kejayaan dan kebesarannya, Kekaisaran Romawi bergantung pada mesin militernya yang kuat untuk mempertahankan perbatasan dan menaklukkan wilayah baru.

Kekaisaran Romawi kuno sangat besar dan memiliki banyak musuh. (Public domain)

Seperti dilansir Ancient Pages, menjadi seorang prajurit di Kekaisaran Romawi adalah sebuah tantangan. Tidak hanya pelatihan militer yang sangat menuntut, tetapi Anda juga dapat berharap untuk berada jauh dari rumah dan orang-orang terkasih untuk waktu yang lama. Pria yang ingin menghindari direkrut ke Tentara Romawi memotong ibu jari mereka karena mereka tidak akan bisa memegang dan menggunakan pedang.

Hukuman untuk memotong ibu jari bisa sangat berat bahkan jika Anda adalah anggota aristokrasi. Catatan sejarah mengatakan Kaisar Augustus sangat marah ketika dia mengetahui seorang pria kaya telah memotong ibu jari putranya sehingga mereka dapat menghindari wajib militer. Kedua pemuda ini dijual sebagai budak dan semua harta milik ayah kaya disita.

Lima suku Barbar Eropa membenci dan ingin menghancurkan Roma. Ini adalah Hun, Frank, Vandal, Saxon, dan Visigoth (Goth) dan mereka menghancurkan banyak kota Romawi. Bangsa Romawi harus menanggapi dan Kekaisaran sangat membutuhkan tentara terampil yang dapat menahan invasi Barbar, tetapi banyak orang menolak untuk direkrut menjadi tentara.

Belakangan, hukuman karena menghindari wajib militer menjadi lebih keras dari sebelumnya, dan tidak jarang menyaksikan pria dibakar di tiang pancang di depan umum. Tidak mungkin menolak menjadi tentara Romawi. Jika Anda melakukannya, Anda bisa dieksekusi.

Orang Romawi membutuhkan setidaknya 20.000 rekrutan baru hanya untuk menggantikan kerugian pasukan lapangan setelah Adrianople, dan orang-orang ini tidak akan mudah ditemukan. Berbicara tentang karakter Galia di 355 Ammianus menulis, "tidak ada seorang pun di sini yang pernah memotong ibu jarinya untuk melarikan diri dari dinas militer, seperti yang terjadi di Italia, di mana mereka memiliki nama khusus untuk orang yang berpura-pura (murci)."