Rudolf II, Kaisar Romawi Suci Depresi yang Menimbulkan Perang 30 Tahun

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 4 Februari 2022 | 15:00 WIB
Sebuah lukisan Rudolf II sebagai seorang pemuda oleh Martino Rota (c. 1520-1583). (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Beberapa orang ditakdirkan untuk memerintah dan sebagianhanya diwajibkan untuk mengikuti jejak keluarga mereka. Inilah yang dirasakan Rudolf II, Kaisar Romawi Suci. Baginya, menjadi seorang kaisar adalah mimpi buruk.

Dia adalah seorang pria yang lebih tertarik pada pikiran besar, seni, budaya, dan okultisme daripada dalam menjalankan kekuasaannya. Baginya, tugas memerintah itu menuntut, melelahkan, dan sangat membosankan.

Dengan sikap acuh tak acuh seperti itu, tidak heran kesalahannya menyebabkan Perang Tiga Puluh Tahun yang tetap menjadi salah satu perang terpanjang dan paling brutal dalam sejarah manusia, dengan lebih dari 8 juta korban.

Dikutip Anceint Pages, saat kesehatan memburuk, Rudolf II menjadi semakin sulit dijangkau. Dia mengisolasi dirinya di Kunstkammer (ruang seni) miliknya yang dipenuhi dengan harta paling luar biasa dari seluruh dunia.

Rudolf II mengumpulkan lebih dari 3.000 benda di Kunstkammer-nya yang mencakup burung-burung, permata mahal, batu langka, koin, medali, lukisan, penemuan menakjubkan, dan banyak lagi. Dia mengumpulkan dalam skala yang tak tertandingi, dan jika dia tidak bisa mendapatkan objek, dia menyalinnya.

Kunskammer yang luar biasa adalah hasrat terbesar Kaisar Suci. Tetapi tidak peduli berapa banyak mencoba, dia tidak dapat melepaskan diri dari pikiran gelap sehingga menderita depresi yang lama.

Rudolf II Menjadi Kaisar Suci Dan Ketegangan Beragama Di Eropa Meningkat

Menjadi anggota Wangsa Habsburg dan putra tertua Maximilian II yang terkenal, Kaisar Romawi Suci, yang juga Raja Bohemia, dan Raja Hongaria dan Kroasia, tak aneh jika suatu hari ia sendiri akan menjadi kaisar. Lahir pada 18 Juli 1552 di Wina, Austria, Rudolf II menghabiskan masa kecilnya di Spanyol yang diperintah oleh House of Habsburg pada saat itu.

Rudolf II berusia 20 tahun ketika ia terpilih sebagai Raja Hongaria dan Kroasia, dua negara yang dikuasai Dinasti Habsburg. Pada tahun 1576, Rudolf II menggantikan ayahnya Maximilian II dan dimahkotai sebagai Kaisar Romawi Suci, tetapi penobatannya adalah awal dari periode yang panjang dan bermasalah dalam sejarah Eropa. Pada tahun 1583 Rudolf II memindahkan istana ke Praha, tempat ia tinggal. Hal ini memungkinkan dia untuk datang lebih jauh dari Kekaisaran Ottoman yang merupakan ancaman konstan terhadap Eropa. Kaisar Suci tidak suka bepergian, dan dia hanya meninggalkan Praha ketika itu sangat diperlukan.

Ia lahir dan dibesarkan sebagai seorang Katolik, tetapi Rudolf II toleran terhadap Protestan dan agama lain, termasuk Yudaisme. Netralitasnya dalam masalah agama dan kurangnya minatnya pada politik adalah alasan utama dia gagal mengenali masalah Eropa.

Rudolf II Terpesona Dengan Ilmu Gaib

Rudolf II dilukis sebagai Vertumnus, Dewa Musim Romawi, oleh Giuseppe Arcimboldo (1590–91), sebuah lukisan yang sangat dihargai Kaisar Suci. (Public domain)