Tulang Hewan Purba Zaman Es Ditemukan di Inggris, Ini Penampakannya

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 20 Februari 2022 | 09:00 WIB
Tulang hewan Zaman Es, seperti rahang badak berbulu wol telah ditemukan di Devon. (AC Archaeology)

Nationalgeographic.co.id - Baru-baru ini, arkeolog menemukan sejumlah tulang hewan purba yang diperkirakan dari zaman es terakhir atau sekitar 60.000 tahun lalu di Inggris.

Penemuan tulang hewan purba di dalam gua ini bersebelahan dengan situs desa perumahan baru dengan 5.500 rumah bernama Sherford. Para peneliti menemukan banyak koleksi tulang hewan Zaman Es.

Tulang hewan purba yang ditemukan meliputi, tulang mamut atau gajah berbulu, badak berbulu, serigala, dan hyena. Kepala arkeolog Rob Bourn mengatakan temuan itu sangat penting untuk mengetahui kehidupan zaman es terakhir di Inggris.

“Ini adalah penemuan besar yang signifikansi nasional, pengalaman sekali seumur hidup bagi mereka yang terlibat,” jelas Kepala arkeolog Rob Bourn, seperti dikutip Ancient Origins pada 5 Februari 2022.

“Menemukan susunan artefak yang tidak tersentuh begitu lama adalah kejadian langka dan istimewa. Yang sama langkanya adalah keberadaan individu hewan yang lengkap atau setengah lengkap,” sambungnya.

Baca Juga: Temuan 'Kuburan' Lima Ekor Mamut dari 200.000 Tahun Lalu di Inggris

Para peneliti sejauh ini telah menemukan sisa-sisa sebagian dari mamut berbulu dan badak berbulu, bersama dengan kerangka serigala yang hampir lengkap dan sisa-sisa sebagian dari hyena, kuda, rusa kutub, kelinci gunung, dan rubah merah.

Gading mamut ini adalah salah satu tulang hewan Zaman Es yang ditemukan di gua Devon. (AC Archaeology)

Prosedur penanggalan awal menunjukkan hewan-hewan ini hidup selama periode Devens Tengah dari Zaman Pleistosen Akhir, ketika iklim Inggris sedikit lebih dingin daripada sekarang. Berarti sisa-sisa yang digali setidaknya berusia 30.000 tahun dan mungkin berusia hingga 60.000 tahun.

Menurut Duncan Wilson, Kepala Eksekutif Historic England, penemuan luar biasa ini memberi kita wawasan yang cemerlang tentang hewan-hewan yang berkeliaran di sekitar Zaman Es Inggris ribuan tahun yang lalu, serta pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan dan iklim pada waktu itu.

Karena sisa-sisa ini dianalisis lebih teliti dalam beberapa bulan ke depan, para peneliti berharap dapat memperoleh pengetahuan baru tentang bagaimana ekosistem Zaman Es berfungsi.

Baca Juga: Chief Dragon Adalah Dinosaurus Pemakan Daging Tertua di Inggris