Studi Baru, Pegunungan Raksasa Mengendalikan Evolusi Kehidupan di Bumi

By Ricky Jenihansen, Senin, 21 Februari 2022 | 12:00 WIB
Pegunungan super raksasa hanya terbentuk dua kali dalam sejarah Bumi (Keith Johnston)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari The Australian National University (ANU) mengungkapkan bahwa pegunungan raksasa mengendalikan evolusi kehidupan. Pegunungan setinggi Himalaya, misalnya, membentang hingga 8.000 kilometer di seluruh superbenua memainkan peran penting dalam evolusi kehidupan awal di Bumi.

Para peneliti menemukan, bahwa pegunungan super raksasa hanya terbentuk dua kali dalam sejarah Bumi. Yang pertama antara 2.000 dan 1.800 juta tahun yang lalu dan yang kedua antara 650 dan 500 juta tahun yang lalu. Kedua pegunungan naik selama periode pembentukan superbenua.

Hasil studi ini telah dipublikasikan secara daring di Earth and Planetary Science Letters dengan judul "The temporal distribution of Earth's supermountains and their potential link to the rise of atmospheric oxygen and biological evolution".

Pada penelitian ini, para peneliti melacak pembentukan pegunungan raksasa ini sepanjang sejarah Bumi. Mereka menggunakan jejak zirkon dengan kandungan lutetium rendah, kombinasi mineral dan elemen tanah jarang yang hanya ditemukan di akar pegunungan tinggi di mana mereka terbentuk di bawah tekanan kuat.

Dalam laporan penelitian tersebut juga disebutkan, penelitian yang ditargetkan dari sedimen berumur Nuna diperlukan. Itu untuk mengevaluasi apakah erosi yang cepat pada supermountains terkait dengan peristiwa geokimia dan biotik, seperti hilangnya formasi besi.

Penulis utama, kandidat PhD ANU Ziyi Zhu, mengatakan ada hubungan antara dua kejadian pegunungan raksasa ini dan dua periode evolusi terpenting dalam sejarah Bumi. "Tidak ada yang seperti dua gunung super ini hari ini. Bukan hanya tingginya, jika Anda dapat membayangkan Himalaya sepanjang 2.400 km yang berulang tiga atau empat kali, Anda akan mendapatkan gambaran tentang skalanya," katanya dalam rilis media The Australian National University (ANU).

Pegunungan Himalaya. (Royonx/Wikimedia Commons)

"Kami menyebut contoh pertama Gunung Super Nuna. Itu bertepatan dengan kemunculan eukariota, organisme yang kemudian memunculkan tumbuhan dan hewan."

Peneliti melanjutkan, yang kedua, yang dikenal sebagai Gunung Super Transgondwanan, bertepatan dengan kemunculan hewan besar pertama 575 juta tahun lalu dan ledakan Kambrium 45 juta tahun kemudian, ketika sebagian besar kelompok hewan muncul dalam catatan fosil.

Rekan penulis Profesor Jochen Brocks mengatakan, yang menakjubkan adalah seluruh catatan pembangunan gunung melalui waktu sangat jelas. "Ini menunjukkan dua lonjakan besar, satu terkait dengan kemunculan hewan dan yang lainnya dengan munculnya sel besar yang kompleks," kata Brocks.

Ketika pegunungan terkikis, mereka menyediakan nutrisi penting seperti fosfor dan besi ke lautan, meningkatkan siklus biologis dan mendorong evolusi ke kompleksitas yang lebih besar. Gunung super mungkin juga telah meningkatkan kadar oksigen di atmosfer, yang dibutuhkan untuk kehidupan yang kompleks untuk bernafas.

Baca Juga: Penemuan Dua Spesies Baru Burung di Pegunungan Meratus, Kalimantan