Perang Dunia II: Kala NAZI Menghancurkan Stadion Manchester United

By Galih Pranata, Rabu, 16 Februari 2022 | 16:00 WIB
Kerusakan parah di sisi tribun penonton Old Trafford pada 1941 akibat serangan bom. (Daily Mirror)

Nationalgeographic.co.id—Perang Dunia II (Kedua) menjadi momok bagi perkembangan kehidupan di bumi. Bagaimana tidak? dampaknya meluas hingga semua negara di dunia merasakan imbasnya. Salah satu korbannya adalah Kota Manchester.

Manchester Blitz atau yang dikenal di Eropa dengan Christmas Blitz, adalah hari-hari kelabu yang menyelimuti Kota Manchester. Teror bom telah menghantui penduduknya, menciptakan ketakutan berkepanjangan.

"Manchester Blitz masih tetap menjadi salah satu kenangan perang yang paling serius, dengan teror bom dari Luftwaffe yang berlangsung selama berbulan-bulan," tulis Hoare kepada Express.

Callum Hoare menulis tentang duka yang pernah terjadi di Manchester. Ia menulis dalam artikel berjudul World War 2: Chilling unearthed photos show Old Trafford obliterated during Blitz, dipublikasi 20 Februari 2020. 

Luftwaffe merupakan pasukan angkatan udara dan pesawat tempur dari bagian Nazi Jerman saat berkecamuknya Perang Dunia II.

Di bawah pemerintahan Adolf Hitler, pemboman dilakukan di kota industri yang cukup sibuk. Alhasil, peristiwa pemboman itu menewaskan sekitar 684 orang dan melukai lebih dari 2.000 orang.

"Hampir setengah dari mereka (orang-orang di Manchester) yang tewas di Manchester selama perang," imbuhnya. 

Serangan udara dimulai pada Agustus 1940, dan pada September 1940 Teater Istana di Oxford Street diserang.

Di antara bangunan yang terkena dampak dari pemboman di jantung kota, meliputi Balai Perdagangan Bebas Manchester, Royal Exchange, Pasar Smithfield, Rumah Sakit Chetham, Teater Gaiety, dan Gereja St Ann.

Pada 11 Maret 1941, Old Trafford yang merupakan stadion kebanggaan klub sepak bola Inggris, Manchester United, dihantam bom yang ditujukan ke kompleks industri Trafford Park.

Baca Juga: Stadion Henningsvær dengan Bentang Alam Norwegia yang Menakjubkan

Manchester United menutup kemenangan 7-3 atas Blackburn Rovers di Old Trafford pada 8 Maret 1941, yang merupakan laga terakhir mereka di Old Trafford selama delapan tahun stadion direnovasi pasca kerusakan parah.