Hermes, Dewa Pengantar Pesan dan 'Pencuri' dari Mitologi Yunani

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 11 April 2022 | 15:00 WIB
Hermes, utusan para dewa yang dijuluki sebagai pelindung, pedagang, pelancong, dan pencuri dari mitologi Yunani. (Atelier Sommerland / Adobe Stock))

Nationalgeographic.co.id—Hermes adalah dewa penting dalam mitologi Yunani dan salah satu dari 12 Dewa Olimpus. Dia terkenal sebagai pembawa pesan atau utusan para dewa dan digambarkan dalam banyak mitos seperti itu. Selain itu, dalam penggambaran artistik, Hermes diberikan atribut yang memungkinkannya memainkan peran ini dengan baik. Domain minatnya yang lain termasuk perdagangan, diplomasi, perjalanan, dan pencurian. Rekan Romawi dari Hermes adalah dewa Merkurius.

Menurut mitologi Yunani, Hermes adalah putra Zeus dan Maia, putri Atlas dan salah satu Pleiades. Hermes umumnya diyakini telah lahir di sebuah gua di Gunung Cyllene di Arcadia. Karena hubungannya dengan Atlas, Hermes dikenal juga sebagai Atlantiades, sedangkan tempat kelahirannya membuatnya mendapatkan julukan Cyllenius.

Mitos Tentang Hermes

Dalam satu mitos, Hermes digambarkan sebagai anak yang dewasa sebelum waktunya. Tidak lama setelah kelahirannya, dewa merangkak keluar dari buaiannya dan berjalan ke Pieria di Thessaly. Di sana, ia menunjukkan kecerdasan dan kelicikannya sebagai pencuri dengan mencuri beberapa lembu Apollo.

Untuk menghindari deteksi dari jejak yang ditinggalkan oleh hewan, Hermes meletakkan sepatu bot di kaki lembu yang dicuri dan membawa mereka ke Pylos di Peloponnese. Dia memiliki dua ekor lembu yang dikorbankan dan kulit mereka dipaku pada sebuah batu. Sebagian dagingnya disiapkan untuk makanannya sendiri, sementara yang tersisa dibakar. Sisa lembu disembunyikan di dalam gua.

Hermes juga dikaitkan dengan penemuan kecapi saat ini. Sang dewa menemukan seekor kura-kura (atau cangkangnya) baik ketika dia sedang makan di Pylos atau ketika dia kembali ke rumah setelah itu. Dalam kedua kasus, dewa menarik string (terbuat dari isi perut lembu) di atas kulit kura-kura, sehingga menciptakan kecapi. Pada saat yang sama, ia menemukan plectrum (alat datar yang digunakan untuk memetik instrumen, sering disebut 'pick').

Hermes dan Apollo – Pencurian dan Persahabatan

The friendship of Apollo and Hermes. (Shuishouyue / Public Domain)

Apollo, sebagai dewa ramalan, dapat mengetahui bahwa lembunya telah dicuri oleh Hermes dan pergi ke Cyllene untuk menghadapi pencuri itu. Maia menolak untuk mempercayai Apollo dan menunjukkan kepada dewa putranya, yang tertidur lelap di buaiannya.

Frustrasi, Apollo membawa Hermes ke hadapan Zeus, yang memutuskan bahwa Hermes harus mengembalikan lembu yang dicuri ke Apollo. Meskipun Hermes terus mempertahankan ketidakbersalahannya, dia menyadari tidak dapat menipu kedua dewa dan memimpin Apollo ke Pylos, di mana dia mengembalikan lembunya. Ketika Apollo mendengar suara kecapi, bagaimanapun, dia sangat terpesona olehnya sehingga dia memutuskan untuk membuat kesepakatan dengan Hermes. Apollo memutuskan untuk membiarkan Hermes memelihara lembunya, sebagai ganti alat musik ini, dan tawarannya diterima.

  

Baca Juga: Mengapa Patung-Patung Pria Yunani Kuno Memiliki Penis yang Kecil?