Bagaimana Perang Elektronik Memengaruhi Krisis Perang Rusia-Ukraina?

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 23 Februari 2022 | 11:00 WIB
Marinir AS dengan Communication Emitter Sensing and Attack System (CESAS) II Manpack pada Desember 2021, di North Carolina ( US Marines )

Nationalgeographic.co.id—Ketika pasukan Rusia menduduki semenanjung Krimea Ukraina pada Februari 2014, Angkatan Laut Rusia dilaporkan mengalami gangguan sinyal telepon seluler dalam prosesnya. Jenis serangan ini, yang dipasangkan dengan penghancuran fisik infrastruktur komunikasi, serta serangan daring pada situs dan layanan yang terhubung ke internet, secara luas dikategorikan sebagai peperangan elektronik.

Perang masih merupakan tugas utama yang melibatkan bom, peluru, dan tubuh yang hancur, tetapi penempatan bom dan peluru itu semakin dibentuk oleh pertarungan yang dilakukan dalam spektrum elektromagnetik. Peperangan elektromagnetik sering dipasangkan dengan serangan terhadap sistem komputer yang dilakukan melalui internet, yang secara luas disebut serangan cyber.

Memahami bagaimana perang modern terjadi berarti memahami pertarungan tak kasat mata yang dilakukan oleh sinyal dan kode.

Jika Rusia benar-benar melancarkan serangan ke Ukraina, seperti yang diperkirakan akan dilakukan oleh massa pasukan Rusia yang telah berkumpul selama berbulan-bulan di sepanjang perbatasan mereka, peperangan elektronik kemungkinan akan menjadi bagian dari serangan itu, seperti ketika Rusia menduduki bagian-bagian Ukraina di 2014. Pendudukan tahun 2014 termasuk perebutan Krimea oleh Rusia, lengkap dengan penghancuran fisik hubungan komunikasi ke seluruh negara itu, dan menyebabkan dukungan Rusia untuk dua republik separatis yang dideklarasikan sendiri di Ukraina Timur.

Perang berdarah itu masih berlangsung meskipun sekarang terjadi dengan latar belakang setidaknya 140.000 pasukan Rusia yang berbatasan dengan Ukraina. Jika perang penembakan antara Ukraina dan separatis meningkat menjadi perang darat dan kemungkinan invasi Rusia, kemungkinan akan dimulai dengan tembakan artileri dan peperangan elektronik. Dampak bahan peledak akan terlihat. Perang tak terlihat atas sinyal akan jauh lebih sulit untuk segera dipahami, tetapi tidak kurang merupakan bagian dari konflik. Inilah yang perlu diketahui tentang dasar-dasar peperangan elektronik.

 

Katedral Santo Basil di Moskow, Rusia. (Anton Zelenov/Wikimedia)

Apa Itu Peperangan Elektronik?

Departemen Pertahanan mendefinisikan Electronic Warfare sebagai "aktivitas militer yang menggunakan energi elektromagnetik untuk mengontrol spektrum elektromagnetik ('spektrum') dan menyerang musuh." Spektrum mencakup segala sesuatu mulai dari gelombang radio melalui cahaya tampak hingga sinar gamma.

Sudah Sejak Kapan Perang Elektronik Ada?

Salah satu cara untuk memahami peperangan dalam spektrum elektromagnetik adalah dengan kembali ke penggunaan awal dalam Perang Dunia II. Radar, sensor baru pada awal perang, bekerja dengan mengirimkan gelombang radio dan kemudian menafsirkan cara pancaran sinar itu dipantulkan kembali ke sensor yang mengirimnya. Salah satu penanggulangan radar paling awal, juga dalam Perang Dunia II, adalah sekam, atau strip logam reflektif yang akan mendistorsi setiap pancaran radar yang mereka pukul, menutupi keberadaan pesawat di belakang sekam.

Dalam Perang Vietnam, kedua belah pihak menggunakan berbagai jenis sensor dan gangguan sinyal, yang menghalangi tidak hanya pergerakan pesawat tetapi juga panduan rudal anti-pesawat. Sekam, yang macet oleh sifat fisik, tetap menjadi alat untuk melawan deteksi elektronik, dan telah bergabung dengan yang lain, seperti mengirimkan sinyal yang ditargetkan pada spektrum elektromagnetik yang menggagalkan sensor seperti radar. Jammers sering menggunakan banyak daya untuk secara khusus mengganggu sensor lain, yang dapat membatasi jangkauan atau durasi kemacetan, tetapi masih dapat membuat perbedaan antara pesawat yang terlihat dan ditembak oleh musuh, atau pesawat yang menyelinap untuk mendapatkan posisi unggul.

Baca Juga: Benarkah Putri Tsar Nicholas II Ini Berhasil Kabur dari Eksekusi?