Benarkah Ateis Tidak Bermoral Seperti Layaknya Umat Beragama?

By Ricky Jenihansen, Jumat, 25 Februari 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi ateisme. Pria ateis membuang semua agama ke tempat sampah dan menendangnya. Peneliti melakukan dua survei di AS (negara yang mayoritas beragama) dan Swedia (negara yang mayoritas tidak beragama) (agefotostock)

Nationalgeographic.co.id—Di banyak negara, kepercayaan budaya yang tersebar luas menganggap ateis tidak memiliki pedoman moral. Streotip yang muncul adalah orang-orang ateis tidak bermoral, meski tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan tersebut. Benarkah demikian?

Untuk mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, Tomas Ståhl, ilmuwan dari University of Illinois di Chicago melakukan penelitian khusus. Ia kemudian mempublikasikan temuannya dalam jurnal akses terbuka PLOS ONE pada 24 Februari 2021 dengan judul "The amoral atheist? A cross-national examination of cultural, motivational, and cognitive antecedents of disbelief, and their implications for morality".

Dalam laporan penelitiannya, Ståhl menulis bahwa ada stereotip lintas budaya yang tersebar luas yang menunjukkan bahwa ateis tidak dapat dipercaya dan tidak memiliki pedoman moral.

"Apakah ada kebenaran untuk gagasan ini? Membangun teori tentang anteseden budaya, (de) motivasi, dan kognitif dari ketidakpercayaan, penelitian ini menyelidiki apakah ada persamaan yang dapat diandalkan serta perbedaan antara orang yang beriman dan orang yang tidak percaya dalam nilai dan prinsip moral yang mereka dukung," tulis Ståhl dalam laporan penelitiannya.

Dari laporan penelitian tersebut, menunjukan bahwa, sementara ateis dan teis atau orang yang memiliki kepercayaan kepada tuhan, berbagi nilai moral terkait dengan melindungi individu yang rentan. Ateis cenderung tidak mendukung nilai-nilai yang mempromosikan kohesi kelompok dan lebih cenderung menilai moralitas tindakan berdasarkan konsekuensinya.

Streotip yang muncul adalah orang-orang ateis tidak bermoral. (Shutterstock)

Pada penelitian tersebut, Ståhl melakukan dua survei yang memeriksa nilai moral 429 ateis dan teis Amerika melalui platform Mechanical Turk Amazon. Dia juga melakukan dua survei yang lebih besar yang melibatkan 4.193 ateis dan teis di AS (negara yang mayoritas beragama) dan Swedia (negara yang mayoritas tidak beragama).

"Hasilnya juga menunjukkan bahwa orang-orang ateis versus orang-orang beriman memiliki pandangan moralitas yang lebih konsekuensialis di kedua negara," jelasnya.

Analisis hasil menunjukkan bahwa kaum teis lebih cenderung daripada ateis untuk mendukung nilai-nilai moral yang mempromosikan kohesi kelompok. Sementara itu, ateis lebih cenderung menilai moralitas suatu tindakan berdasarkan konsekuensinya.

Orang ateis lebih cenderung membuat penilaian moral tentang kerugian pada konsekuensialis (Pinterest)

Namun, ateis dan teis tampaknya menyelaraskan nilai-nilai moral yang terkait dengan melindungi individu yang rentan, kebebasan versus penindasan, dan rasional secara epistemis, yaitu percaya pada klaim ketika mereka berbasis bukti dan skeptis tentang klaim yang tidak didukung oleh bukti.

Hasil survei juga memberikan petunjuk mengapa kompas moral ateis dan teis dapat dikalibrasi secara berbeda. Perbedaannya mungkin sebagian berasal dari peningkatan keterpaparan teis terhadap keterlibatan komunitas dalam perilaku berbasis keyakinan yang akan mahal jika keyakinan itu salah (seperti menghadiri pertemuan keagamaan).