Danone AQUA dan H&M Kembali Rilis Bottle2Fashion, Koleksi Fesyen Anak dari Daur Ulang Limbah Botol Plastik

By Fathia Yasmine, Kamis, 24 Februari 2022 | 12:10 WIB
Danone AQUA kembali rilis produk Bottle2fashion bersama H&M (Dok. Danone-Aqua)

Nationalgeographic.co.id – Produsen minuman kemasan Danone AQUA kembali berkolaborasi dengan brand busana H&M merilis koleksi baju anak dari daur ulang sampah plastik polyethylene terephthalate (PET) melalui program Bottle2Fashion.

Bottle2Fashion merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Danone AQUA dan H&M. Pada 2021, program tersebut berhasil mendaur ulang 3,5 juta botol PET menjadi produk fesyen.

Tahun ini, program Bottle2Fashion berhasil mengumpulkan dan mendaur ulang botol PET dua kali lebih banyak, yakni 7,5 juta botol PET. Koleksi pakaian anak yang dirilis tahun ini dibuat dari daur ulang 663.869 botol PET dari seluruh limbah botol plastik di Indonesia. 

Seperti diketahui, sampah plastik masih menjadi masalah global. Kendati penggunaan plastik membawa banyak manfaat bagi masyarakat modern, daur ulang sampah plastik masih tergolong minim.

Baca Juga: Tampak Kembar, Apakah Tsar Nicholas II Rusia dan George V Bersaudara?

Di Indonesia, Kementerian Perindustrian mencatat, pada 2021, konsumsi bahan baku plastik nasional mencapai 7,67 juta ton per tahun. Sampah botol plastik berjenis PET mendominasi jumlah tersebut.

Ironisnya, diperkirakan baru 1,2 juta ton sampah yang didaur ulang menjadi kemasan plastik baru dan peralatan rumah tangga.

Dengan minimnya jumlah daur ulang tersebut, sampah plastik yang menumpuk di daratan dan terhanyut ke laut dapat mencemari lingkungan serta merusak habitat makhluk hidup.

Melalui program Bottle2Fashion, Danone AQUA dan H&M mengumpulkan botol PET dari seluruh pulau di Indonesia. Kemudian, botol tersebut disortir dan dibersihkan sebelum diparut menjadi serpihan dan diubah menjadi serat poliester daur ulang.

Baca Juga: Surat Edaran Baru, Vaksinasi Booster untuk Lansia Dipercepat

Serat poliester daur ulang tersebut selanjutnya digabung dengan bahan katun untuk diubah menjadi hoodie, celana panjang, celana jogger, kaus oblong, hingga atasan lengan panjang dan kaus kaki untuk anak usia 9 sampai 14 tahun.

Packaging Circularity Senior Manager Danone AQUA Jeffri Ricardo menyatakan bahwa Bottle2Fashion merupakan bentuk komitmen pihaknya untuk ambil bagian dalam menciptakan solusi sampah plastik.