Studi Baru, Konsumsi Minuman Beralkohol Mengurangi Volume Otak

By Ricky Jenihansen, Selasa, 8 Maret 2022 | 12:00 WIB
Minuman beralkohol dan otak tidak memiliki hubungan yang sehat. Tim dari University of Pennsylvania menganalisis data dari lebih 36.000 orang dewasa yang dimulai dari konsumsi rata-rata satu gelas per hari, (PETROVV )

Nationalgeographic.co.id—Laporan penelitian baru yang dipublikasikan di Nature Communications mengungkapkan bahwa konsumsi minuman beralkohol berkaitan dengan pengurangan volume otak. Penyusutan otak tersebut setara dengan penuaan dua tahun dan efeknya meningkat sesuai jumlah konsumsi.

Pada penelitian tersebut, tim dari University of Pennsylvania menganalisis data dari lebih 36.000 orang dewasa yang dimulai dari konsumsi rata-rata satu gelas per hari. Peneliti menemukan, bahwa minum satu hingga dua gelas sehari dikaitkan dengan perubahan otak.

Minum lebih banyak dikaitkan dengan tingkat kerusakan otak yang lebih besar. Temuan tersebut sangat jelas, bahwa minuman beralkohol dan otak tidak memiliki hubungan yang sehat. Orang yang minum banyak memiliki perubahan dalam struktur dan ukuran otak yang berhubungan dengan gangguan kognitif.

Konsumsi alkohol bahkan pada tingkat yang dianggap paling sederhana, beberapa gelas bir atau anggur dalam seminggu, juga dapat membawa risiko ke otak. Analisis data menemukan bahwa konsumsi alkohol ringan hingga sedang dikaitkan dengan pengurangan volume otak secara keseluruhan.

Para peneliti menunjukkan, semakin besar tingkat konsumsi alkohol, berbanding lurus dengan dampaknya. Sebagai contoh, pada usia 50 tahun, ketika rata-rata minum di antara individu meningkat dari satu unit alkohol (sekitar setengah gelas bir) sehari menjadi dua unit, ada perubahan terkait di otak.

"Fakta bahwa kami memiliki ukuran sampel yang besar memungkinkan kami menemukan pola yang halus, bahkan antara minum setara dengan setengah gelas bir dan satu gelas bir sehari," kata Gideon Nave, penulis korespondensi pada studi dan anggota tim University of Pennsylvania kepada Penn Today.

Ilustrasi minuman beralkohol (monticelllo/Getty Images/iStockphoto)

Sementara itu, rekan peneliti Henry Kranzler mengatakan bahwa temuan tersebut kontras dengan pedoman ilmiah dan pemerintah tentang batas minum yang aman. "Misalnya, meskipun Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme merekomendasikan bahwa wanita mengkonsumsi rata-rata tidak lebih dari satu gelas per hari, batas yang direkomendasikan untuk pria adalah dua kali lipat, jumlah yang melebihi tingkat konsumsi yang terkait dalam penelitian dengan penurunan otak. volume," jelasnya.

Banyak penelitian telah meneliti hubungan antara minum dan kesehatan otak, dengan hasil yang ambigu. Sementara bukti kuat ada bahwa minum berat menyebabkan perubahan dalam struktur otak, termasuk pengurangan kuat dalam materi abu-abu dan putih di seluruh otak. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi alkohol tingkat sedang mungkin tidak berdampak, atau bahkan minum ringan dapat bermanfaat bagi otak pada orang dewasa yang lebih tua.

Investigasi sebelumnya, bagaimanapun, tidak memiliki kekuatan set data yang besar. Menyelidiki sejumlah besar data untuk pola adalah spesialisasi tim peneliti, yang telah melakukan penelitian sebelumnya menggunakan UK Biobank, kumpulan data dengan informasi genetik dan medis dari setengah juta orang dewasa paruh baya dan lebih tua di Inggris.

   

Baca Juga: Studi Terbaru: Minum Alkohol Mampu Ciptakan Psikologi Positif