Jatuh Cinta Ibarat Candu dan Otak Kita Merekamnya Saat Hubungan Kandas

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 13 Maret 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi patah hati. Jatuh cinta seperti candu, kata beberapa musisi atau sastrawan dalam karyanya. Gejala itu tergambarkan lewat otak kita saat putus cinta. (halfbottle/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Kita tidak asing dengan istilah "dunia serasa runtuh ketika kehilangan dia", yang biasanya diucapkan ketika putus cinta atau patah hati. Berbagai adegan patah hati di film atau novel romansa, bahkan menggambarkan rasa yang dialami seseorang dengan memegang dada kiri mereka. Kita pun juga merasa demikian.

Walau, hati dalam bahasa Inggris adalah heart (jantung) dan beberapa penelitian juga membuktikan dampaknya pada jantung, ternyata dampak patah hati terjadi pada otak kita. Hal itu seperti yang ditemukan oleh Helen Fisher, antropolog biologi yang mempelajari neurokimia tentang cinta ketika menjadi peneliti di Kinsey Instute, AS.

Pada tahun 2010, dia bersama timnya membuat makalah di Journal of Neurophysiology. Penelitian itu melibatkan 15 peserta yang belum melupakan hubungannya yang telah kandas (move on) yang dipindai dengan fMRI. Gambar otak para peserta diambil untuk melihat berbagai gambar yang memunculkan sikap penolakan, netral, dan familiar.

Ketika melihat gambar yang akan mereka tolak (berisi foto mantan), otak mereka aktif di beberapa areal yang sama dengan yang masih memiliki pasangan. Namun, menyala juga area otak yang berhubungan nafsu makan dan pengaturan emosi.

Temuan pengaturan emosi ini juga sesuai dengan respon peserta pada para peneliti. Para peneliti menulis adanya "tanda-tanda kurangnya kontrol emosi secara teratur sejak awal putus, dalam semua kasus yang terjadi secara teratur selama berminggu-minggu, atau berbulan-bulan"

Mengutip The Atlantic, Fisher memaparkan banyak area wilayah yang diaktifkan diperlukan untuk merasakan romansa, dan dianggap mendorong rasa seperti kecanduan kokain.

Perasaan inilah yang digambarkan oleh Kesha dengan lagu Your love is my drug. Dalam liriknya, Kesha berkata "mungkin aku butuh direhab", dilanjutkan berbagai kondisi psikologis yang frustasi—termasuk susah tidur—setelah perginya seorang yang dicintai. Karena selama ini, cinta yang didapatinya seperti candu. 

Akan tetapi pada konteks "cinta adalah candu" efek fisik bagi cinta bertepuk sebelah tangan bisa lebih buruk, ujar Fisher.

Baca Juga: Kisah Dewa Narcissus, Jatuh Cinta Bayangan Sendiri Hingga Mati Tragis

Baca Juga: Jatuh Cinta di Masa Pergerakan: Melawan Batasan Ras dan Kolot Orangtua

"Pekerjaan Helen Fisher telah mengungkapkan bahwa sirkuit di otak ini, yang sangat terkait dengan perilaku adiktif, juga terlibat dalam perasaan yang terkait dengan ketertarikan romantis dan dapat membantu menjelaskan keterikatan yang sering mengikuti perasaan awal tergila-gila fisik dengan calon pasangan," kata Brian Boutwell, kriminolog dari School of Social Work, and Department of Epidemiology, Saint Louis University, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Anggap saja sebagai perasaan awal jatuh cinta, ketika Anda ingin terus-menerus berada di dekat orang lain, hampir dengan cara yang membuat ketagihan."