Marcus Cocceius Nerva, Kaisar Romawi Tua yang Sukses di Saat Krisis

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:00 WIB
Kaisar Nerva. (Carole Raddato, CC BY-SA 2.0.)

Nationalgeographic.co.id—Marcus Cocceius Nerva adalah putra seorang pengacara Romawi yang kaya dan memiliki darah bangsawan Italia. Ia lahir di desa Narni (Umbria) tidak jauh dari kota Roma, pada tanggal 8 November 30 Masehi.

Sebagaimana para anggota keluarganya yang berhasil memegang jabatan tinggi di Republik dan kemudian di awal Kekaisaran Romawi, Nerva juga hidup seperti yang diharapkan dalam keluarganya. Terlepas dari kerusuhan yang terjadi di masyarakat Romawi, Nerva menjadi pejabat yang selalu berhasil mendapatkan jabatan tinggi.

Nerva membantu Kaisar Nero (memerintah 54–68 Masehi) melawan konspirasi Piso pada tahun 65. Konspirasi ini adalah rencana pembunuhan Kaisar Nero yang diorganisir oleh banyak konspirator dan dipimpin oleh Gaius Calpurnius Piso.

Gaius adalah seorang negarawan dan orator Romawi terkemuka yang bermaksud membunuh Nero, atas dasar ketidakpuasan terhadap perintah sang diktator Nero dan pemerintahannya. ketidakpuasan ini tumbuh di antara kelas penguasa negara Romawi dengan kepemimpinan Nero yang semakin despotik.

Pada akhirnya, konspirasi tersebut terdeteksi dan gagal dilakukan. Para konspirator ditangkap. Mereka diperintahkan oleh Nero untuk bunuh diri. Banyak orang lainnya dibunuh, diasingkan, atau direndahkan.

Baca Juga: Septimius Severus: Bagaimana Orang Afrika Bisa Menjadi Kaisar Romawi?

Apa sebenarnya keterlibatan Nerva dalam mendeteksi rencana makar tersebut tidak diketahui secara detail. Namun, sebagai imbalannya, ia menerima sesuatu yang disebut dekorasi kemenangan (terutama diperuntukkan bagi kemenangan militer).

Menurut Cassius Dio (155-235), seorang negarawan Romawi dan sejarawan asal Yunani dan Romawi, para konspirator mendekati Nerva sebagai calon penerus sebelum pembunuhan Kaisar Nero. Hal ini kemudian membuat Nerva tahu rencana makar tersebut.

Dikutip dari Ancient Pages, Nerva memilih tidak membahayakan kariernya karena persahabatannya dengan Nero. Keberhasilan politiknya pada akhirnya ditentukan ketika ia mengambil jabatan konsul pada masa pemerintahan Vespasianus pada tahun 71 dan kemudian berbagi konsul biasa dengan Domitianus pada tahun 90, yang sangat bermanfaat.

Dia telah terbukti sebagai negarawan yang cakap, yang memiliki koneksi politik dan kemampuan untuk bernegosiasi. Ketika pembunuhan Domitianus diketahui, senat bertindak cepat dan menyatakan Marcus Cocceius Nerva menjadi kaisar di usia 66 tahun. Dia adalah kandidat ideal karena memiliki karier yang sempurna sebagai pejabat yang toleran dan cakap.

Ingin mendapatkan dukungan yang lebih besar dari para senator, Nerva secara resmi mengumumkan bahwa tidak ada senator yang akan dihukum mati selama dia masih menjabat. Dia menyerukan diakhirinya pengadilan berdasarkan pengkhianatan, membebaskan mereka yang telah dipenjara di bawah tuduhan ini, dan memberikan amnesti kepada banyak orang yang telah diasingkan. Ini adalah alasan utama kebencian Senat terhadap mantan Kaisar, Domitianus.

Baca Juga: Kaisar Romawi Commodus: Penguasa Korup yang Suka Membunuh Orang Cacat