Kemunculan Kembali Candi Prambanan oleh Raffles Pasca Mataram Kuno

By Galih Pranata, Senin, 14 Maret 2022 | 10:00 WIB
Sebuah litograf reruntuhan Candi Sewu dekat Prambanan, sekitar tahun 1859. (British Library/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Prambanan terlihat megah sebagai bangunan-bangunan kuno yang berdiri kokoh di sepanjang jalan Yogyakarta. Bangunan kokoh itu sempat menghilang setelah kejatuhan Mataram Kuno sebelum akhirnya terbit kembali.

Catatan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, menyebutkan pada tahun 1733, seorang pegawai VOC bernama C. A. Lons, mengadakan kunjungan lawatan di berbagai tempat di Surakarta dan Yogyakarta.

Sebuah buku catatan yang duterbitkan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta, berjudul Membangun Kembali Prambanan, diterbitkan pada 2009, mengisahkan tentang kemunculan kembali Prambanan setelah pemindahan kekuasaan Mataram ke Jawa Timur.

"Ia mengunjungi sejumlah peninggalan-peninggalan bangunan di kraton Kartasura, Kota Gede, termasuk pula reruntuhan candi di sekitar Prambanan," demikian menurut lembaga itu.

C. A. Lons mencatat perjalanannya ke kawasan perkomplekan Candi Prambanan dengan baik, menyebutkan adanya bukit-bukit dimana bebatuan menyebul di puncaknya. Meskipun diragukan apakah dalam deskripsinya tersebut ia bercerita mengenai Candi Prambanan ataukah Candi Sewu.

"Sampai dengan sekitar awal abad ke-19, setidaknya tercatat sejumlah antiquarian Belanda membuat catatan deskriptif berupa gambar dan peta di sekitar Candi Prambanan," tulis lembaga itu.

Cornelius di tahun 1805, diduga telah membuat lukisan candi-candi kuno di Kalasan, Sari dan Sewu, namun tidak ada catatan lain yang lebih jelas mengungkap tentang Prambanan.

Lukisan karya William Daniell berjudul, 'Candi Besar di Brambánan', dari buku karya Raffles, The History of Java Vol. 2. Sir Stamford Raffles memerintahkan C. Mackenzie dan G. Baker untuk melakukan survei dan deskripsi atas kekunaan di Candi Prambanan sejak 1816. (The Fryer Library/University of Queensland Library)

"Pada 3 Agustus 1812, Raffles yang ketika itu berada di kediaman John Crafwurd yang merupakan Residen Yogyakarta, menceritakan minatnya pada candi-candi kuno di Jawa dan berniat untuk menelitinya. Salah satu candi yang pernah dia lihat adalah Prambanan," tulis Raffles dalam bukunya berjudul The History of Java yang terbit pada 1817.

Kala itu, Raffles bertemu dengan Tan Jin Sing, seorang Kapiten dari Cina di Yogyakarta yang juga telah banyak mengenal bangunan-bangunan kuno di sana. Tan Jin Sing menanggapi cerita Raffles dan mengatakan bahwa di sebuah desa di Yogyakarta terdapat sebuah candi besar.

"Cerita itu diperoleh Tan Jin Sing dari salah seorang mandornya yang pernah melihat candi besar itu ketika sang mandor masih kecil," catat mereka.

Anggota Pramuka berkemah di halaman kompleks Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta dengan latar Candi (Yunaidi Joepoet)