Marcus Aurelius: Kaisar Romawi Baik Hati yang Juga Seorang Filsuf

By Utomo Priyambodo, Jumat, 18 Maret 2022 | 11:00 WIB
Patung Marcus Aurelius, Kaisar Romawi yang juga seorang filsuf. (Steven Zucker/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Marcus Aurelius lahir pada 26 April 121 Masehi di Roma dengan nama lahir Marcus Annius Verus. Perjalanan hidupnya membuat namanya berganti menjadi Caesar Marcus Aurelius Antoninus Augustus atau pendeknya Marcus Aurelius.

Dia diadopsi pertama kali oleh Kaisar Hadrian (76 – 138 Masehi) dan kemudian oleh Antoninus Pius (86 – 161 Masehi). Marcus dididik oleh guru-guru terbaik dalam retorika, puisi, bahasa Yunani, Latin, dan tentu saja, filsafat.

Yang terakhir adalah pelajaran yang dia hargai di atas segalanya dan itulah yang memiliki pengaruh terbesar pada pemuda itu. Sejarawan Romawi abad kedua Cassius Dio (155 – 235 Masehi) mengatakan tentang Marcus bahwa, "Selain memiliki semua kebajikan lainnya, dia memerintah lebih baik daripada orang lain yang pernah berada di posisi kekuasaan apa pun."

"Yang pasti, dia tidak bisa menampilkan banyak prestasi kecakapan fisik; namun dia telah mengembangkan tubuhnya dari yang sangat lemah menjadi seseorang yang mampu dengan daya tahan terbesar...Dia sendiri, kemudian, menahan diri dari semua pelanggaran dan tidak melakukan apa pun yang salah baik secara sengaja maupun tidak disengaja; tetapi pelanggaran orang-orang lain, khususnya pelanggaran istrinya, dia menoleransi, dan tidak menyelidiki atau menghukum mereka."

"Selama seseorang melakukan sesuatu yang baik, dia akan memujinya dan menggunakannya untuk layanan yang dia kuasai, tetapi untuk perilakunya yang lain dia tidak memperhatikan; karena dia menyatakan tidak mungkin bagi seseorang untuk menciptakan orang-orang seperti yang diinginkan seseorang, dan karenanya pantas untuk mempekerjakan mereka yang sudah ada untuk layanan apa pun yang masing-masing dari mereka mungkin dapat berikan kepada Negara."

"Dan bahwa seluruh perilakunya bukan karena kepura-puraan tetapi karena keunggulan yang nyata adalah jelas; karena meskipun dia hidup lima puluh delapan tahun, sepuluh bulan, dan dua puluh dua hari, di mana dia telah menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai asisten Antoninus [Pius] pertama, dan telah menjadi kaisar sendiri sembilan belas tahun dan sebelas hari, namun dari pertama sampai terakhir dia tetap sama dan tidak berubah sedikit pun. Jadi dia benar-benar pria yang baik dan tanpa kepura-puraan."

Marcus paling dikenang karena karya teksnya yang masih hidup yang sekarang disebut The Meditations. Itu adalah jurnal pribadi sang kaisar, yang menceritakan semua pemikiran terdalamnya.

Kita melihat dalam The Meditations bahwa Marcus menggunakan pengetahuannya tentang filsafat Stoic untuk mengubah perilakunya. Dia benar-benar terlibat dalam apa yang sekarang kita kenal sebagai terapi perilaku-kognitif. Kekuatan dan keanggunan karakternya membuatnya mendapatkan rasa hormat dari kelas atas dan juga kaum plebeian.

Tujuan Marcus adalah menjadi yang terbaik – paling berbudi luhur – orang yang dia mampu. Dia melihat dirinya sendiri dan dunia tempat dia tinggal – yang penuh gejolak – dari perspektif kosmik.

Melihat bahwa dia memiliki kewajiban mendasar terhadap manusia lain, seperti Socrates. Dia tidak melihat dirinya hanya sebagai Kaisar Romawi, atau warga negara Romawi, atau warga negara Latin, melainkan warga dunia, kosmopolitan di dunia. Ini adalah pemahanannya yang paling benar.

   

Baca Juga: Kaisar Romawi Commodus: Penguasa Korup yang Suka Membunuh Orang Cacat