Dari Ribuan Eksoplanet, Ada Tiga yang Ditandai Sebagai Bintang

By Wawan Setiawan, Minggu, 20 Maret 2022 | 12:08 WIB
Di antara ribuan exoplanet yang diketahui, astronom MIT menandai tiga yang sebenarnya adalah bintang. (NASA)

Nationalgeographic.co.id - Dunia pertama di luar tata surya kita ditemukan tiga dekade lalu. Sejak saat itu, hampir 5.000 eksoplanet telah dikonfirmasi di galaksi kita. Para astronom telah mendeteksi 5.000 kandidat planet lainnya, yaitu objek yang mungkin planet tetapi belum dikonfirmasi. Kini, daftar planet telah menyusut setidaknya tiga.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Astronomical Journal pada 15 Maret 2022 yang berjudul "Revisiting Kepler Transiting Systems: Unvetting Planets and Constraining Relationships among Harmonics in Phase Curves", astronom MIT melaporkan bahwa ada tiga, dan berpotensi menjadi empat, planet yang awalnya ditemukan oleh Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA sebenarnya salah diklasifikasikan. Sebaliknya, planet-planet yang dicurigai ini kemungkinan adalah bintang-bintang kecil.

Tim menggunakan pengukuran terbaru dari bintang yang menampung planet untuk memeriksa ulang ukuran planet, dan mengidentifikasi tiga yang terlalu besar untuk menjadi planet. Dengan perkiraan baru dan lebih baik dari sifat bintang, para peneliti menemukan bahwa tiga objek, yang dikenal sebagai Kepler-854b, Kepler-840b, dan Kepler-699b, sekarang diperkirakan berukuran antara dua dan empat kali ukuran Jupiter.

"Kebanyakan eksoplanet akan seukuran Jupiter atau jauh lebih kecil. Jika ia dua kali ukuran Jupiter, itu sudah mencurigakan. Lebih besar dari itu tidak mungkin planet, itulah yang kami temukan," kata penulis pertama studi tersebut Prajwal Niraula, seorang mahasiswa pascasarjana di MIT's Departemen Ilmu Bumi, Atmosfer, dan Planet, seperti yang dilaporkan Tech Explorist belum lama ini.

Planet keempat, Kepler-747b, berukuran sekitar 1,8 kali ukuran Jupiter, yang sebanding dengan planet terbesar yang dikonfirmasi. Tapi Kepler-747b relatif jauh dari bintangnya, dan jumlah cahaya yang diterimanya terlalu kecil untuk menopang planet seukurannya. Status planet Kepler-747b, tim menyimpulkan, mencurigakan tetapi tidak sepenuhnya tidak masuk akal.

"Secara keseluruhan, penelitian ini membuat daftar planet saat ini menjadi lebih lengkap," kata penulis studi Avi Shporer, seorang ilmuwan peneliti di Kavli Institute for Astrophysics and Space Research MIT. "Orang-orang mengandalkan daftar ini untuk mempelajari populasi planet secara keseluruhan. Jika Anda menggunakan sampel dengan beberapa penyusup, hasilnya mungkin tidak akurat. Jadi, penting agar daftar planet tidak terkontaminasi," tambahnya.

Anggota penulis studi ini juga termasuk Ian Wong, beasiswa program Postdoctoral NASA di NASA Goddard Space Flight Center, dan Asisten Profesor MIT Julien de Wit.

Membasmi penipu planet bukanlah tujuan awal tim. Niraula awalnya dimaksudkan untuk mencari sistem dengan tanda-tanda distorsi pasang surut.

"Jika Anda memiliki dua objek yang saling berdekatan, tarikan gravitasi salah satunya akan menyebabkan objek lainnya berbentuk telur, atau elips, yang memberi Anda gambaran tentang seberapa masif pendampingnya," jelas Niraula. "Jadi Anda bisa menentukan apakah itu sistem bintang-bintang atau planet-bintang, hanya berdasarkan tarikan pasang surut itu."

Ilustrasi tentang sistem Kepler-444, yang terdiri dari lima planet yang mengorbit bintang mirip matahari. Mereka hanyalah segelintir dari ribuan planet yang dikonfirmasi yang ditemukan oleh pesawat ruang angkasa Kepler. (Tiago Campante/Peter Devine)

Saat menyisir katalog Kepler, dia menemukan sinyal dari Kepler-854b yang tampaknya terlalu besar untuk menjadi kenyataan.

"Tiba-tiba kami memiliki sistem di mana kami melihat sinyal elips yang sangat besar, dan segera kami tahu ini tidak mungkin dari sebuah planet," kata Shporer. "Kemudian kami berpikir, ada sesuatu yang tidak cocok."