Still Standing: Sebuah Seni Peringatan Serangan Inggris terhadap Benin

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 23 Maret 2022 | 10:00 WIB
Artis Victor Ehikamenor berpose dengan karyanya, Still Standing, penggambaran media campuran dari seorang penguasa Benin ()

Nationalgeographic.co.id—Sebuah karya baru yang dipasang di Katedral St. Paul London memperhitungkan pemecatan Benin pada 1897, demikian melansir artikel yang dirilis Telegraph. Dibuat oleh seniman Nigeria Victor Ehikhamenor, Still Standing adalah penggambaran media campuran dari penguasa Benin yang akan dipajang di ruang bawah tanah katedral Anglikan hingga 14 Mei.

Instalasi ini merupakan bagian dari kolaborasi antara St. Paul's dan University of York yang disebut "50 Monuments in 50 Voices," yang mengundang seniman, penulis, musisi dan akademisi untuk menanggapi peringatan katedral yang ada. Kreasi Ehikamenor telah dipasang di sebelah plakat yang memperingati Laksamana Harry Holdsworth Rawson, yang berperan penting dalam serangan Inggris di Kota Benin dan The Second Opium War di Cina.

Menanggapi upaya Kerajaan Inggris untuk memperluas pengaruh di Afrika Barat pada akhir abad ke-19, ketegangan muncul di Kerajaan Benin, yang terletak di tempat yang sekarang disebut Nigeria modern. Dampak yang tersisa dari perbudakan transatlantik, serta penolakan Inggris terhadap kondisi perdagangan Benin menyebabkan kemarahan yang meluas di wilayah tersebut.

Pada tahun 1897, sebuah pihak yang tidak dikenal, yang diduga dipimpin oleh penguasa Benin Oba Ovonramwen, menyerang misi perdagangan Inggris dalam perjalanannya ke Kota Benin, mengakibatkan kematian tujuh delegasi Inggris dan 230 portir misi Afrika yang membawa perbekalan. Sebagai pembalasan, pasukan Inggris memulai pendudukan brutal di kota yang menyebabkan banyak korban dan kehancuran serta penjarahan yang meluas. Mereka membakar Istana Kerajaan Benin, dan menjarah ribuan benda berharga.

Di antara benda-benda yang dicuri adalah Perunggu Benin—patung kuningan dan perunggu yang dibuat oleh serikat pekerja yang bekerja untuk istana kerajaan Kota Benin sejak abad ke-16 yang menggambarkan kepala peringatan, figur hewan dan manusia, dan ornamen pribadi. Banyak perunggu digunakan di altar leluhur Obas (raja) dan Ratu masa lalu, atau dalam ritual, termasuk aksesi Oba baru; lainnya dengan penggambaran dinasti dan sejarah sosial Benin menghiasi istana kerajaan. British Museum memiliki lebih dari 900 perunggu dalam koleksinya hari ini, sementara banyak lainnya berakhir di museum dan galeri di seluruh dunia. Namun, lembaga budaya di seluruh Eropa dan Amerika Serikat baru-baru ini melakukan upaya untuk memulangkan karya jarahan ini kembali ke Nigeria.

Still Standing menggambarkan Ovonramwen, yang setelah serangan di Benin, kemudian diasingkan oleh pasukan Inggris. Karya seni setinggi 12 kaki, perpaduan referensi ke agama Edo dan Kristen, dibuat dari “6.000 manik-manik rosario, rhinestones pada renda dan sejumlah patung perunggu yang dibuat oleh Ehikamenor di Kota Benin yang menyerupai ornamen pinggul yang dikenakan oleh bangsawan Kerajaan Benin.”

   

Baca Juga: Kelindan Seni dan Sains dalam Mukjizat Kebinekaan Flora Indonesia

Baca Juga: Ketika Tubuh Manusia Dijadikan Kanvas di World Bodypainting Festival

Baca Juga: Pusparagam Cycloop: Asal-Usul Pulau Seniman Lukis di Danau Sentani

    

“Saya terinspirasi untuk membuat karya tersebut setelah calon pemilik paviliun di Venice Biennale keberatan dengan instalasinya yang menampilkan ratusan kepala dan patung perunggu Edo,” Ujar Ehikamenor yang dilansir dari  Art Newspaper.