Jelajah Tohoku, Hidden Gem Jepang yang Ramah Wisatawan Muslim

By Fathia Yasmine, Sabtu, 26 Maret 2022 | 15:00 WIB
Kastil Sendai atau Kastil Aoba (Dok. Pariwisata Tohoku)

Nationalgeographic.co.id – Dalam beberapa tahun belakangan, berbagai kota di dunia mulai marak menawarkan destinasi-destinasi wisata halal bagi para pelancong, termasuk kota-kota di negara yang mayoritas penduduknya bukan pemeluk Islam.

Kehadiran wisata halal kini seolah menjadi kebutuhan seiring meningkatnya kesadaran akan tempat wisata yang ramah bagi wisatawan dari semua kalangan.

Setiap kota merancang destinasi wisata, tempat menginap, hingga tempat makan dengan memperhatikan aspek ramah muslim sehingga wisatawan merasa tenang dan nyaman selama berwisata.

Salah satu negara yang ikut mendukung kehadiran wisata halal adalah Jepang. Dikutip dari situs Badan Pariwisata Jepang, Negeri Sakura ini telah menyediakan restoran halal dan tempat ibadah yang tersebar di berbagai wilayah Jepang.

Baca Juga: Nestapa Nasib Para Ilmuwan Rusia karena Serangan Negaranya ke Ukraina

Komitmen wisata halal juga tidak hanya diwujudkan di golden area seperti Tokyo, Osaka, dan Hokkaido. Kemudian, konsep wisata halal juga dapat dinikmati di salah satu wisata musim dingin di Jepang, seperti Tohoku.

Sebagai informasi, Tohoku merupakan sebuah daerah dengan panorama indah pegunungan yang terletak di bagian timur laut Pulau Honshu.

Daerah yang memiliki arti nama 'timur laut' ini terdiri dari enam prefektur, yakni Akita, Aomori, Fukushima, Iwate, Miyagi, dan Yamagata. Keindahan alam yang dimiliki membuat Tohoku menjadi hidden gem wisata musim dingin. 

Baca Juga: Mengulik Taktik Augustus, si Kaisar 'Bunglon', Mentransformasi Romawi

Berbeda dengan wilayah lain, Tohoku memiliki musim dingin yang lebih panjang berkat lanskap geografisnya yang tinggi. Bagi Anda yang berencana mengunjungi daerah Tohoku di musim dingin, berikut rekomendasi kuliner dan wisata halal yang bisa dicoba.

Menikmati ramen halal hingga saus steak ala Jepang

Salah satu destinasi kuliner halal yang wajib dicoba saat berkunjung ke Tohoku adalah SOUQ Echigo Yuzawa yang terletak di Prefektur Niigata. Wisatawan akan dimanjakan dengan menu sarapan pagi yang enak dan halal berupa roti dan omelet keju yang dilengkapi sayuran segar.