Kecepatan Suara Bergerak Lebih Lambat di Mars Dibandingkan di Bumi

By Wawan Setiawan, Senin, 28 Maret 2022 | 15:00 WIB
Analisis suara yang ditangkap oleh rover Perseverance mengungkapkan kecepatan suara di Planet Merah. (Pixabay/CC0 Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Menggunakan mikrofon, laser, dan beberapa matematika yang cerdik, tim ilmuwan telah sukses mengukur kecepatan suara di Mars, yang merupakan penemuan ilmiah pertama dan penemuan keren lainnya berkat bantuan rover penjelajah Perseverance milik NASA.

Ada banyak hal yang disukai tentang misi Perseverance, tetapi salah satu aspek yang paling banyak disukai dari rover ini adalah ia mampu merekam audio. Awal tahun lalu, dan untuk pertama kalinya,kita benar-benar mendengar suara di Mars, baik yang alami maupun sintetis. Menggunakan mikrofon SuperCam, rover merekam hembusan angin Mars, klik dari laser pemindai batu, dan suara berderak yang dihasilkan oleh roda yang berputar.

Kecepatan suara tidak konstan. Ini bervariasi berdasarkan kepadatan dan suhu media yang dilaluinya. Bunyi merambat cepat jika mediumnya rapat.

Mikrofon Perseverance (atau biasa dipanggil Percy) akan mendeteksi suara-suara ini bukanlah suatu kepastian, mengingat atmosfer yang sangat tipis di planet ini. Suara membutuhkan media untuk menyebar, dan Mars, dengan tekanan atmosfer yang 0,095 pon per inci persegi (psi) di permukaan tanah, tidak menawarkan banyak hal untuk dapat dikerjakan. Sebagai perbandingan, tekanan atmosfer di permukaan laut Bumi adalah sekitar 14,7 psi. Bisa Anda bandingkan sendiri kan seberapa jauh perbedaannya?

Ternyata, suara-suara yang jelas dapat ditangkap oleh mikrofon Percy di kawah Jezero Mars. Suara yang terdengar jelas di Mars ini berhasil diukur kecepatannya oleh Baptiste Chide dari Los Alamos National Lab di Los Angeles bersama rekan-rekannya. Mereka mempresentasikan temuan ini di Lunar and Planetary Science Conference ke-53, yang diadakan pada 7-11 Maret kemarin di Texas.

Selfie yang diambil oleh penjelajah Perseverance NASA pada 10 September 2021. (NASA/JPL-Caltech/MSSS)

Tim ilmuwan memanfaatkan eksperimen SuperCam dari Percy, yang menembakkan batu dengan laser untuk mempelajari geologi Mars dan duduk di kepala tiang rover sekitar 2,1 meter di atas permukaan Mars. Tim melakukan pengukuran dari 150 tembakan laser yang diambil di lima lokasi berbeda, sambil juga melacak kondisi cuaca setempat. Mereka menemukan bahwa kecepatan suara di Mars anehnya berbeda. Hasilnya bisa memiliki implikasi yang signifikan pada komunikasi antara Mars di masa depan.

Dengan mengukur waktu yang dibutuhkan suara klik seperti staccato untuk mencapai mikrofon SuperCam, mereka mampu menetapkan kecepatan suara di Mars, hingga presisi plus-minus 0,51%. Suara akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk sampai ke telinga Anda di atmosfer Mars. Mars memiliki kecepatan suara yang lebih rendah. Ia bergerak sekitar 540 mph (~240 meter per detik), sedangkan, di Bumi, kecepatan suara adalah 760 mph (~340 meter per detik).

Atmosfer Mars sekitar 100 kali lebih padat daripada di Bumi. Atmosfer yang lebih padat memengaruhi bagaimana gelombang suara merambat dari sumber ke detektor, sehingga menghasilkan sinyal yang lebih lembut.

Baca Juga: Seberapa Mudahkah Membuat Oksigen dari Air di Bulan dan Mars?

Baca Juga: Hujan Asteroid yang Konsisten berada di Balik Pembentukan Kawah Mars

Baca Juga: Robot Penjelajah NASA Menemukan Molekul Organik di Planet Mars